Prosumut
Pemerintahan

Bupati Batubara Serahkan Bantuan Alat Pres Pisang Sale

EPAPER

PROSUMUT – Bupati Batubara Zahir bersama Ketua TP PKK Ny Maya Indrasari Zahir menyerahkan bantuan alat pres pembuatan pisang sale dan alat impulse sealer, di Balai Desa Sumbermakmur Kecamatan Limapuluh, Kamis 19 November 2020.

Turut mendampingi, Sakdakab Batubara Sakti Alam Siregar, Camat Limapuluh, Kades Sumbermakmur dan warga penerima bantuan alat pres pisang sale.

Kegiatan penyerahan bantuan dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) dalam rangka pemulihan ekonomi msasyarakat.

Adapun jumlah bantuan tersebut yakni alat pres pisang sale sebanyak 100 unit, berikut alat sealer untuk membungkus (kemasan) sebanyak 100 buah, termasuk desa yang lain.

“Sedangkan untuk Desa Lubukbesar Kecamatan Datok Limapuluh antara lain sebanyak 100 unit, dan untuk Desa Lubuk Hulu mendapatkan alat sealer untuk pengemasan sebanyak 80 unit,” kata Kadis Ketapang Batubara, Azwar.

BACA JUGA:  Wali Kota Tebingtinggi Sambut Kedatangan Peserta Latsitardanus 2021

Azwar menambahkan bahwa pemberian alat bantu ini agar bisa dimanfaatkan lebih baik dan bisa meningkatkan penghasilan nantinya.

Kepala Desa Sumber Makmur Aprianto mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bupati Batubara Zahir dan merupakan bentuk perhatian, khususnya UMKM pengerajin pisang sale.

“Sebelumnya perlu saya sampaikan pengerajin pisang sale ini mengunakan alat tradisional lebih kurang 30 tahun,maka kami sangat bersyukur atas pemberian bantuan kepada Bupati Batubara,sebuah alat pres dan sealernya,” ungkap Apriyanto.

BACA JUGA:  Jelang Pilkada Ulang di Labuhanbatu, Ini Pesan Pj Bupati

Sementara Bupati Batubara H Zahir didampingi Ketua TP PKK Ny Maya Indriasari Zahir mengatakan, situasi pandemi membuat semua daerah berupaya memulihkan ekonomi masyarakat.

“Selain itu setiap daerah menginginkan punya produk produk tersendiri,seperti di Desa Lubuk Hulu, disana mempunyai produk emping (belinjo),” katanya.

Zahir pun menyebutkan bahwa bantuan ini untuk menggantikan alat tradisional yang selama ini digunakan masyarakat dalam membuat pisang sale.

Termasuk juga katanya, untuk izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan. Setelahnya penggunaan label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Bahkan dimungkinakn untuk membuat hak kekayaan intelektual (HaKI) dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), sehingga kemasan produk menggunakan merk tertentu dari desa tersebut tidak diklaim pihak lain.

BACA JUGA:  Pemko Medan Kembali Gelar 151 Titik Pasar Murah 

Zahir berharap, penggunaan alat canggih nantinya akan menambah produksi pisang sale, sehingga hasil penjualan bisa meningkat seiring kualitas yang juga terus ditingkatkan.

“Itulah salah satu yang sudah disampaikan oleh Bapak Presiden untuk pemulihan ekonomi Nasional itu, yang dimulai dari UMKM, bisa ternak sapi, ternak bebek dan tukang bakso. Apa saja yang dibutuhkan masyarakat dan bisa menjadi meningkatkan ekonomi tetap kita bantu,” ujarnya. (*)

 

Reporter : Rahman
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Tekan Angka Narkoba, BNNP Sumut Berkunjung ke Langkat

admin@prosumut

Wali Kota Binjai Terima Audiensi Panitia Reuni Smansa

admin@prosumut

Bupati Labuhanbatu Prediksi Bilah Hulu Jadi Kecamatan Maju

admin2@prosumut