Prosumut
Pemerintahan

Pjs Wali Kota Medan Dampingi Gubernur di Musda REI Sumut

PROSUMUT – Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Medan Arief Sudarto Trinugroho mendampingi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi  menghadiri pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Real Estat Indonesia (REI) Sumut ke 12 yang mengusung tema, “Perkuat Sinergitas REI Sumut Dengan Stakeholder” di Yok Ngopi Cofe Jalan Garuda Medan, Kamis 19 November 2020.

Musda DPD REI Sumut 12 berlangsung  sederhana dan menerapkan protokol kesehatan tersebut dibuka  langsung Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Selain Wakil Ketua Umum Koordinator DPP REI Umar Husin, musda juga dihadiri Wakil Ketua Umum Perbankan Syariah DPD REI Dodi Tahir, Ketua DPD REI Sumut periode 2017-2020 Ir Andi Atmoko serta pengurus DPD REI Provinsi se-Indonesia.

Gubernur dalam sambutannya mengatakan, Pemprov Sumut  bersedia memperkuat sinergitas dengan REI. Dengan demikian kedepannya dapat duduk bersama dan bergandengan tangan mengaplikasikan apa yang dapat dilakukan untuk merealisasikan rumah hunian bagi masyarakat.

“Kita harus dapat duduk bersama untuk membahas apa yang akan dibuat dalam penyediaan rumah yang layak huni dan sehat bagi  masyarakat. Jangan karena harganya murah, rumah hunian yang disediakan itu tidak sehat,” kata Gubernur.

BACA JUGA:  Pemkab Deliserdang Terima Penghargaan TOP 45 Inovasi Pelayan Publik

Selanjutnya terkait jumlah kekurangan rumah hunian di Sumut sebanyak 7.015 unit, Gubsu mengungkapkan,  jumlah tersebut pasti lebih karena masih banyak masyarakat Sumut yang belum memiliki rumah hunian.

Edy meminta agar DPD REI Sumut kembali melakukan pendataan ulang dengan melibatkan Badan Pusat Statistik (BPS).

“Jadi bisa diketahui berapa jumlah riil  kekurangan rumah hunian di Sumut sebenarnya. Setelah itu barulah kita bersama-sama bagaimana mengatasinya,” harapnya.

Sementara itu Pjs Wali Kota Medan Arief Sudarto Trinugroho mengungkapkan, pandemi Covid-19 mengharuskan pelaku industri properti merubah strategi pemasaran produk dari pola konvensional ke segmen digital.

Hal itu, ungkapnya, diyakini  ampuh dalam mengantisipasi berkurangnya peluang interaksi secara tatap muka antar tenaga pemasaran properti dengan calon konsumen.

“Keahlian pemasaran digital menjadi mutlak diperlukan demi menyasar para calon konsumen properti. Dengan tingkat pengguna internet di Indonesia yang mencapai lebih dari 60 persen  dari jumlah penduduk, maka peluang pasar terbuka lebar jika dilakukan melalui online marketing. Artinya, pameran properti secara online menjadi salah satu cara cukup efektif menjaring calon konsumen properti,” ujar Plt Wali Kota.

BACA JUGA:  Langkat Kembali Terpilih Sebagai Kabupaten Gerakan 100 Smart City

Menurut Pjs Wali Kota, tantangan yang harus dihadapi pada masa pandemi adalah bagaimana sektor properti dapat tumbuh di tengah situasi keterbatasan yang ada.

Dikatakannya, pandemi Cobid-19 membuat pasar properti terkoreksi cukup tajam. Meski demikian pesannya, dalam keterbatasan itu masih terdapat peluang.

“Selagi masih ada masyarakat yang membutuhkan rumah, maka pasti masih akan ada permintaan terhadap hunian yang sehat dan nyaman sesuai dengan daya beli masyarakat,” paparnya.

Ketua DPD REI Sumut Andi Atmoko Panggabean  menjelaskan, musda ini merupakan  yang paling sederhana dibuat REI selama ini.

Musda sengaja digelar di Yuk Ngopi Cofe yang merupakan milik REI Sumut. Diharapkannya, kafe ini nantinya dapat maju sehingga menjadi Graha DPD REI Sumut.

Andi Atmoko selanjutnya menjelaskan, DPD REI Sumut saat ini memiliki anggota sebanyak  325 developer yang tersebar di 34 kabupaten/kota di Sumut. Dari jumlah tersebut, 70 persen diantaranya bergerak di perumahan subsidi.

BACA JUGA:  Pjs Wali Kota Canangkan Gerak PKK-KB-Kesehatan Kota Medan

“Saat  ini kita kekurangan rumah hunian untuk masyarakat di Sumut, terutama menengah ke bawah sebanyak 7.015 unit. Untuk itu kita minta dukungan stakeholder, terutama Pemprov Sumut untuk mengatasi kekurangan tersebut,” harap Andi Atmoko.

Di kesempatan itu Andi Armoko juga berharap agar pandemi Covid-19 segera berakhir. Apalagi pemerintah telah berencana akan melakukan vaksinasi.

Jika pandemi berakhir, dia optimis kondisi perekonomian secara nasional juga akan membaik sehingga berdampak dengan membaiknya bisnis properti di Tanah Air, termasuk di Sumut maupun Kota Medan.

Sebelum pembukaan dilakukan, juga dilakukan video confrence dengan Ketua Umum DPD REI Paulus Totok Lusida yang diwakili Amran Lukman selaku Sekjen DPP REI.

Pembukaan musda selanjutnya ditandai dengan pemukulan gong yang oleh Gubernur didampingi Pjs Wali Kota.

Selanjutnya, Gubernur dan Pjs Wali Kota Medan mendapatkan cindera mata berupa plakat dari Ketua DPD REI Sumut. (*)

Reporter : Nastasia
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Bupati Labuhanbatu Serahkan APD untuk 15 Puskesmas dan OPD

admin2@prosumut

Siswa MAN dan SMAN 3 Rantauprapat Juara I Duta Wisata Labuhanbatu 2020

admin@prosumut

Bupati Batu Bara Uji Coba Becak Sampah Keliling

admin@prosumut