Prosumut
Pemerintahan

Desa Rugemuk Deliserdang Ditetapkan jadi Kampung Bahari Nusantara

PROSUMUT – Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan menghadiri acara hari puncak Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (DAWILHANLA) pesisir Tahun 2020 dengan kegiatan Pencanangan Kampung Bahari Nusantara yang digelar di Desa Regemuk, Kecamatan Pantailabu, Kabupaten Deliserdang, Rabu 18 November 2020.

Dalam sambutannya, Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan mengatakan kawasan pesisir laut memiliki potensi yang luar biasa jika dikelola dengan baik. Bahkan akan memberi manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Ashari, kondisi pesisir pada kenyataannya masih berbanding terbalik dengan yang diharapkan.  Hal itu terjadi karena masih ditemukan sebahagian kawasan pesisir belum tertata dan kelola dengan baik.

BACA JUGA:  HUT ke-49 Korpri, Pemkab Asahan Gowes dan Donor Darah

“Ironisnya masih ada kawasan pesisir pantai tercemar dari sampah dan limbah yang berdampak pada menurunnya sumber daya pesisir dan laut,” katanya.

Tujuan dicanangkannya Kampung Bahari Nusantara untuk mengedukasi sekaligus menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga sekaligus melestarikan sumber daya pesisir hingga dapat merubah kondisi pesisir yang ada saat ini menjadi lebih bersih dan indah.

Sementara itu, Danlantamal I Belawan Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso dalam pidatonya mengatakan kegiatan ini merupakan implementasi dari pelaksanaan tugas TNI sebagaimana yang tertuang dalam operasi militer selain perang pada pasal 7 ayat 2b point 8 yaitu memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukung.

BACA JUGA:  Langkat Kembali Terpilih Sebagai Kabupaten Gerakan 100 Smart City

Dikatakannya Lantamal 1 Belawan akan terus berupaya membangun kerjasama yang baik dan harmonis dengan seluruh elemen baik pemerintah daerah maupun masyarakat guna menanamkan nilai kebangsaan serta memperhatikan peningkatan sumber daya manusia.

Sumber daya alam dengan melaksanakan program penyuluhan peningkatan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat.

Dijelaskannya, kegiatan itu memiliki beberapa rangkaian diantaranya pencanangan Desa Rugemuk Kecamatan Pantailabu Kabupaten Deliserdang sebagai Kampung Bahari Nusantara Lantamal I, bersih pantai,apel komponen cadangan dan pendukung, penanaman pohon mangrove, pemberian sembako serta penyuluhan.

Melalui kegiatan ini ia berharap akan semakin mempererat hubungan antara TNI AL dalam hal ini Lantamal I dengan seluruh komponen masyarakat khususnya Desa Rugemuk guna membangun semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

BACA JUGA:  Pjs Wali Kota Irup Peringatan 75 Tahun Marinir di Belawan

Sebelum kegiatan pencangan Kampung Bahari Nusantara, dilakukan Apel Komcad dan Komduk, Vidcon bersama Aspotmar KASAL Mayjen TNI ( Mar) Widodo Dwi Purnomo, dirangkai pengguntingan pita Gapura ‘Kampung Bahari Nusantara’, peresmian rumah pintar, renovasi musala, giat bersih pantai, penanaman pohon mangrove, penyerahan kunci bedah rumahlayak huni bagi nelayan dan IMB bedah rumah layak huni. (*)

 

Reporter : Sahat Tampubolon
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Gugus Tugas Asahan Gelar Konferensi Pers Terkait 2 Orang Positif Covid-19

admin2@prosumut

Baznas Salurkan Zakat Kepada 39 Orang Mahasiswa Asal Labuhanbatu

admin002

Pemkab Langkat Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan Petani

admin002