Prosumut
Media

UKW ke 31 di Batubara Selesai, 16 Wartawan Dinyatakan Lulus

PROSUMUT – Direktur UKW PWI Pusat, Prof Rajab Ritonga mengatakan, dari 22 peserta, ada 16 peserta dinyatakan kompeten dan 6 peserta dinyatakan tidak lulus uji kompetensi.

Hal itu disampaikan Rajab pada pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Batubara, Senin 16 November 2020. Kepada yang belum lulus, masih ada kesempatan untuk mengikuti UKW berikutnya enam bulan mendatang.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut Hermansah mengatakan bahwa pada tahun depan akan kembali dibuat UKW bagi wartawan yang belum lulus, oleh Pemkab Batubara.

“Bupati sudah sampaikan, tahun depan akan kembali membuat UKW. Jadi setiap tahun akan dibuat,” ujar Herman.

Sementara untuk wartawan yang sudah dinyatakan kompeten katanya, hal ini adalah awal untuk senantiasa menambah ilmu, sehingga menjadi wartawan andal.

“Ini awal menjadi wartawan profesional. Cari ilmu, perdalam ilmu. Kita apresiasi dukungan Pemkab Batubara atas terselenggaranya UKW, ”ujarnya.

Sementara, Bupati Batu Bara diwakili Asisten III Pemerintah Kabupaten Batu Bara, Renol Asmara yang di dampingi Kadis Kominfo Andri Rahadian yang menutup kegiatan itu menuturkan, UKW adalah salah satu cara yang dilakukan Dewan Pers untuk memberikan standar dan mengukur profesionalisme seseorang dalam melaksanakan kegiatan jurnalistik.

“Uji kompetensi ini sebagai langkah menjadikan wartawan agar memiliki kompetensi yang handal dibidangnya. Wartawan yang memahami dan melaksanakan kode etik jurnalistik, pasti akan menjadi wartawan yang memiliki kompetensi yang dapat diandalkan,” katanya. (*)

 

Reporter : Rahman
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Antara Stafsus, Media & Pak Presiden

valdesz

Jurnalis Online & Pegiat Medsos Promosikan Wisata Medan

admin@prosumut

Kekang Kebebasan Informasi, AJI : Cabut Pembatasan Medsos

Val Vasco Venedict