Prosumut
Ekonomi

Investasi Triwulan III Meningkat Tajam

PROSUMUT – Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut, Wiwiek Sisto Widayat menurkan  rencana investasi yang ditetapkan pada triwulan III 2020 di Sumut terpantau meningkat tajam. Namun mayoritas proyek baru akan dimulai pada 2021 dan 2022.

“Beberapa proyek yang direncanakan akan dimulai pada Semester II 2020 adalah Jalan Tol Indrapura Seksi 1 (Rp1,98 triliun), Jaringan Pipa Regional Medan-Binjai-Deli Serdang (Rp0,49 triliun) dan Living Plaza Cemara Asri Medan (Rp0,36 triliun),” ungkapnya dalam Pelatihan Wartawan Ekonomi dan Bisnis Sumut di Sibolangit, Rabu 4 Oktober 2020.

BACA JUGA:  Semester I-2021, Laba Bersih BSI Naik 34,29 Persen

Namun, untuk realisasi belanja APBD, sambungnya hingga Agustus di Sumut masih belum optimal. Realisasi belanja Pemda di Sumut per Agustus 2020 masih terbilang cukup rendah.

“Tercatat hanya Pemerintah Provinsi yang sudah melakukan penyerapan anggaran diatas 60 persen dan hanya 4 kab/kota yang telah realisasi diatas 50 persen. Kendala utama penyerapan APBD diantaranya adalah proses realokasi anggaran yang masih berlangsung pada pertengahan tahun sehingga proses belanja menjadi terhambat,” katanya.

BACA JUGA:  OJK Dukung Penuh Pengembangan KUR Pertanian

Ia menambahkan, penyerapan anggaran APBD terutama bersumber dari belanja bansos dan hibah, belanja subsidi dan belanja tak terduga.

Di sisi lain realisasi belanja modal dan barang jasa masih terbatas disebabkan proses realokasi anggaran sehingga menyebabkan proses belanja menjadi terlambat.

BACA JUGA:  OJK Dukung Penuh Pengembangan KUR Pertanian

“Kami memprediksi pertumbuhan ekonomi Sumut tahun 2020 berpotensi mengalami kontraksi. Pemulihan diperkirakan dimulai pada triwulan III seiring dengan berlangsungnya fase kenormalan baru. Kebijakan pemulihan ekonomi yang tepat sasaran dibarengi dengan penanganan kesehatan yang optimal, perlu diprioritaskan pada triwulan IV 2020,” pungkasnya. (*)

 

Reporter : Nastasia
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Mei 2019, Nilai Ekpor di Sumut Naik 11,58 Persen

Editor prosumut.com

Biden Efect, Manfaatkan untuk Koleksi Dollar 

Editor Prosumut.com

Singapura Klaim 4 Unicorn Kita, Kok Bisa? Begini Kata Thomas Lembong

valdesz