Prosumut
Umum

Jalan Provinsi di Batang Serangan Langkat Amblas

PROSUMUT – Ratusan rumah warga dilaporkan terdampak banjir di Kabupaten Langkat Sumatera Utara. Itu akibat hujan dengan intensitas tinggi yang disertai angin kencang yang berujung debit air sungai naik ke permukaan.

Bahkan, jalan lintas di Kecamatan Batang Serangan pun amblas separuh akibat gerusan debit air sungai yang deras. Infrastruktur tersebut berdampak kepada akses warga karena tak dapat dilintasi secara normal.

Kepala BPBD Langkat, Irwan Syahri mengatakan, jalan aspal yang amblas itu merupakan jalan provinsi di Kecamatan Batang Serangan. Meski demikian akses masih bisa dilalui di sebagian yang masih utuh.

BACA JUGA:  Ketika Guru Harus Bersiasat Ditengah Pandemi

“Jalan yang amblas itu di Batang Serangan, statusnya jalan lintas provinsi. Tidak ada korban jiwa, masih bisa dilalui. Di samping kiri jalan masih ada yang bisa dilalui. Itu karena debit air yang cukup deras pas hujan semalam,” katanya, Senin 26 Oktober 2020.

Ia menegaskan, banjir yang terjadi di Langkat tidak dpaat dibilang parah. Sebab, secara geografis Langkat merupakan daerah yang dekat pesisir. Banjir yang terjadi lekas surut dalam hitungan jam.

BACA JUGA:  Bantuan Subsidi Upah, Guru Honorer dapat Rp1,8 Juta

“Kalau ditanya yang paling parah banjirnya di daerah mana ya enggak ada. Kita di Langkat inikan daerah pesisir. Besitang Kwala yang genang pun banjir lintas itu sifatnya. Tadi malam jam satu malam kami berangkat sudah surut,” ungkapnya.

Ke depan BPBD Langkat siaga untuk menyikapi jika terjadi hujan deras dan banjir lintasan lagi. Jika terjadi kemungkinan terburuk, pihak BPBD akan menyiapkan pengungsian dan dapur umum.

BACA JUGA:  Sei Padang Meluap, Ribuan Rumah Warga di Tebingtinggi Tergenang

“Kita berharap jangan lah ada kejadian banjir, baik-baik saja lah semua. Diimbau warga tetap waspada,” jelasnya.

Diketahui ada tujuh kecamatan di wilayah Kabupaten Langkat terdampak banjir. Namun, hingga saat ini belum ada yang mengungsi karena banjir lintasan sudah mulai surut. (*)

 

Reporter : Muhammad Akbar
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Jelang Ramadhan, Satgas Pangan dan Inflasi Lakukan Koordinasi

Ridwan Syamsuri

Polres Binjai Simulasi PAM TPS

admin2@prosumut

23 Papan Reklame Bermasalah Kembali Dibongkar

Ridwan Syamsuri