Prosumut
Umum

Khawatir Debit Air Sungai Bahorok Turun, Warga Tolak Galian C

PROSUMUT – Warga di Kecamatan Bahorok  Kabupaten Langkat menolak adanya proyek galian C di Sungai Bahorok. Penolakan ini dikarenakan, warga  khawatir galian C tersebut bisa mematikan sumber perekonomian masyarakat.

“Banyak persawahan dan kolam kami yang memanfaatkan  irigasi yang mengandalkan aliran Sungai Bahorok sebagai sumber air. Jadi kami khawatir aktivitas galian C itu bisa mengakibatkan debit air turun, ” ujar salah seorang warga  Rahmanudin, Spd Ketika dihubungi, Rabu 21 Oktober 2020.

BACA JUGA:  Polres Asahan Berikan Bantuan Kepada Korban Banjir

Tak hanya aktivitas pertanian saja yang dikhawatirkan terganggu,  aktivitas pariwisata, rafting dan tubing  yang juga menjadi sumber pemasukan masyarakat  akan lumpuh.

“Termasuk juga dengan kebun masyarakat yang ada di sepanjang Sungai Bahorok akan  terkena erosi sehingga bisa  hanyut terbawa air sungai,”  kata Rahmanudin.

BACA JUGA:  Undian Vaganza Periode 2, Pelanggan Telkomsel Rantauprapat Dapat Brio

Penolakan warga ini menurut Rahmanudin sudah ditunjukkan dengan aksi protes warga di lokasi galian C. Dan sejauh ini sudah mendapat tanggapan dari pihak Kecamatan, Polsek dan juga Koramil setempat.

BACA JUGA:  Banjir di Tebingtinggi, XL Axiata Salurkan Bantuan untuk Warga

“Pak Camat, Dameka Putra Singarimbun berjanji akan memediasi kami dengan pemilik usaha, dan memang aktivitas galian sudah berhenti,” kata Rahmanudin.

Informasi dari warga menyebutkan, aktivitas galian C sudah mulai berlangsung sejak bulan lalu, dan aktivitas berlangsung setiap hari. (*)

 

Reporter : Nastasia
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : Ilustrasi, Sungai Bahorok

Konten Terkait

Mr X Ditemukan Tewas Dalam Gedung Walet

admin2@prosumut

Gubsu Harap Jadi Tuan Rumah HPN 2020

admin@prosumut

Lagi, Bangkai Babi Ditemukan di Sungai Wampu Langkat

admin@prosumut