Prosumut
Korupsi

Dugaan Korupsi Perizinan Tower di Deliserdang, Jaksa Tingkatkan Penyidikan

PROSUMUT – Kasus dugaan korupsi masalah perizinan tower di Kabupaten Deliserdang yang ditangani Kejaksaan Negeri (Kejari) Deliserdang ditingkatkan penanganannya dari tingkat penyelidikan ke tingkat penyidikan.

Hal itu dikatakan Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Kejari Deliserdang, Ricardo Marpaung SH saat dikonfirmasi via selular, Jumat 16 Oktober 2020 sore.

Menurutnya, penanganan kasus dugaan korupsi pengurusan perizinan tower di Kabupaten Deliserdang tetap berjalan namun belum diketahui siapa yang bakal jadi tersangka. Karena untuk mengetahuinya akan berkordinasi dulu dengan seksi pidana khusus (Pidsus) yang menangani kasusnya.

“Ku tanya dulu lah Pidsus sudah berapa saksi dari instansi terkait yang sudah diperiksa dan siapa yang bakal dijadikan tersangka,” ujarnya.

Seperti pada pemberitaan sebelumnya, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Deli Serdang, Syarifah Alwah, membenarkan dirinya pernah dimintai klarifikasi oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Delisedang.

Ia dimintai keterangan oleh pihak Kejari Deliserdang terkait izin tower yang di Kabupaten Deli Serdang dari tahun 2015 hingga 2018.

“Ada sekitar 200 lebih tower yang ada di Kabupaten Deli Serdang. Saya tidak ingat pasti berapa yang memiliki izin dan berapa yang tidak memiliki izin,” sebutnya pada Selasa 29 September 2020 lalu.

Selain ia yang dimintai keterangan, pihak Kejari Deliserdang juga memintai keterangan terhadap Kepala Bidang Perizinan yang saat itu dijabat Fitriyan Sukri juga dimintai keterangan terkait izin tower di Kabupaten Deliserdang tahun 2015 hingga 2018.

“Tahun 2019 pernah dimintai keterangan oleh Kejari Deli Serdang terkait tugas pokok dan fungsi.(tupoksi) ketika menjabat sebagai Kepala Bidang Perizinan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Deli Serdang,” sebut Fitriyan Sukri pada Rabu 30 September 2020 lalu yang sekarang menjabat Camat Pantai Labu.

Sementara itu, Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan pada Jumat 16 Oktober 2020 di aula Cendana Kantor Bupati Deliserdang melantik 3 pejabat yaitu Agus Mulyono sebaga Kepada Badan Pendapatan Daerah, Edwin Nasution sebagai Kepala Inspektorat, Tengku Zaki Aufah sebagai Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan menggantikan Ramlan Refis, Syarifah Alwah menjabat sebagai Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan menggantikan Tengku Zaki Aufah.

Sedangkan Syarifah Alwah yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu sampai saat ini posisi Kepala Dinas masih kosong dan akan dilakukan lelang jabatan. (*)

 

Reporter : Sahat Tampubolon
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Sangkal Keterangan Saksi, Terdakwa Korupsi Pengadaan Kapal Fiktif Ditegur Hakim

admin@prosumut

Laptop Romy Disita dari Rumahnya, KPK Curiga Banyak Dokumen Terkait Kasus

Val Vasco Venedict

Polda Sumut Selidiki Dugaan Korupsi Kontribusi PAD PDAM

admin@prosumut