Prosumut
Hukum

KPK Desak Pemko di Sumut Percepat Target Sertifikasi Aset

PROSUMUT – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Satuan Tugas (Satgas) Koordinasi Pencegahan Wilayah I, mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) Sibolga, Binjai, Tebing Tinggi, dan Tanjung Balai, untuk mempercepat pencapaian target sertifikasi asetnya hingga akhir Desember 2020.

Desakan ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Monitoring dan Evaluasi Penyelamatan Aset Daerah dengan keempat Pemko di wilayah Sumatera Utara (Sumut) tersebut, secara daring, Senin, 28 September 2020.

Hadir dalam rakor adalah Sekretaris Daerah (Sekda), Kepala Kantor Pertanahan, dan perwakilan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait dari Kota Sibolga, Binjai, Tebingtinggi, dan Tanjungbalai.

Koordinator Satgas Koordinasi Pencegahan Wilayah I KPK, Maruli Tua, mengemukakan keyakinannya bahwa target sertifikasi dan penyelamatan aset milik keempat pemkot dapat tercapai.

Target minimal sertifikasi aset sampai akhir Desember 2020 adalah 100 bidang tanah. Syaratnya, kata Maruli, semua pihak fokus pada target pencapaian.

BACA JUGA:  Lapas Lubukpakam Ciptakan Inovasi Pelayanan Publik Menuju WBK

“Saya optimis target sertifikasi dapat tercapai. Dalam beberapa bulan ke depan akan ada Pilkada di Kota Binjai, Sibolga, dan Tanjung Balai. Dan, Pilkada ini semestinya tak menjadi kendala. Mari kita fokus pada penertiban PSU (Prasarana, Sarana, dan Utilitas Umum), sertifikasi tanah, penertiban aset, serta pembuatan dan pendetailan ZNT (Zona Nilai Tanah),” ujar Maruli.

Menanggapi KPK, Sekda Pemkot Binjai, Muhammad Mahfullah Pratama Daulay, mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan draf Peraturan Walikota (Perwali) untuk segera ditandatangani oleh Walikota.

Saat ini, lanjut Daulay, sudah ada beberapa aset yang bersertifikat dan lainnya sedang dalam proses permohonan sertifikat ke Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Binjai.

“Jumlah total aset tanah yang tercatat adalah 358 bidang tanah (persil). Yang sudah bersertifikat adalah sebanyak 247 persil. Sisanya, tanah yang sedang diinventarisir adalah 111 persil. Rencananya, sampai akhir September 2020 ini, akan terbit sertifikat baru sebanyak 23 persil,” sebut Daulay.

BACA JUGA:  Hari Pertama Operasi Zebra Toba 2020, Ada 338 Tilang

Selanjutnya, Sekda Pemkot Tebing Tinggi, Dimiyati, mengutarakan bahwa pihaknya telah menerbitkan Peraturan Walikota Nomor 52 Tahun 2020 tentang Penyerahan PSU Perumahan di Kota Tebing Tinggi.

Selai itu, sambung Dimiyati, telah terbit pula Keputusan Walikota Nomor 653/1304 tentang Pembentukan Tim Verifikasi dan Sekretariat Tim untuk Penyerahan PSU.

“Jumlah keseluruhan bidang tanah yang tercatat oleh Pemkot Tebing Tinggi per September 2020 adalah 1.314 persil, dengan luas 3 juta meter persegi, yang nilainya mencapai Rp516,14 Miliar. Yang sudah bersertifikat sebanyak 272 persil, seluas 611 ribu meter persegi, dengan nilai Rp56,27 Miliar,” ucap Dimiyati.

Lalu, perwakilan Pemerintah Kota Tanjung Balai menyebutkan bahwa sampai September 2020, sudah ada 30 bidang yang bersertifikat. Untuk kegiatan pembuatan dan pendetailan ZNT, katanya, anggaran kegiatan dibiayai oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui APBN 2020 untuk seluruh kecamatan di Pemkot Tanjungbalai.

BACA JUGA:  Lapas Lubukpakam Ciptakan Inovasi Pelayanan Publik Menuju WBK

Sementara itu, Asisten 1 Sekretariat Daerah Pemkot Sibolga menyampaikan bahwa pihaknya mencatat ada 97 bidang tanah yang dimiliki Pemkot Sibolga. Dari 97 bidang tersebut, baru ada 3 (tiga) bidang tanah yang sudah bersertifikat.

Selain itu, telah ada 26 bidang yang telah dimohonkan untuk mendapatkan sertifikat ke Kantah Kota Sibolga.

Maruli mengapresiasi usaha keempat pemkot untuk melaksanakan sertifikasi dan penyelamatan aset miliknya.

Sebagai penutup, Maruli menyampaikan tiga hal. Satu, KPK ingin mencegah potensi korupsi di bidang pengelolaan aset daerah. Dua, KPK memantau dan mengkoordinasikan upaya penyelamatan aset supaya tugas semua pemangku-kepentingan di daerah berjalan lancar. Tiga, target sertifikasi aset minimal 100 bidang hingga akhir 2020. (*)

 

Reporter : Rayyan Tarigan
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Dulu Satu Koalisi, Yusril & Hasyim Kini Beradu Alibi

Val Vasco Venedict

Dua Kurir Sabu asal Medan Ditangkap di Langkat

admin@prosumut

Bikin Geram, Terduga Pelaku Bully Audrey Malah Narsis di Kantor Polisi

admin@prosumut