Prosumut
Umum

Gandeng AJI, Gojek Gelar Karya Jurnalistik

PROSUMUT – Gojek menyelenggarakan penghargaan karya jurnalistik bertajuk Kreasi Pewarta Anak Bangsa 2020 (KPAB 2020) mulai 23 September 2020 hingga 21 Oktober 2020.

KPAB 2020 merupakan program Gojek untuk memberi apresiasi kepada jurnalis yang menghasilkan karya jurnalistik berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat, di samping sebagai ajang perayaan semangat optimisme, kerja keras dan kegigihan yang ditunjukkan para rekan jurnalis.

Berkolaborasi dengan Aliansi Jurnalis Independen Indonesia (AJI Indonesia), KPAB 2020 ini bertujuan untuk turut meningkatkan literasi soal perkembangan industri digital di Indonesia, serta mengedukasi masyarakat terkait isu keamanan layanan di tengah pandemi Covid-19.

Program KPAB 2020 ini juga merupakan bagian dari perayaan satu dekade (10 tahun) Gojek, yang menandakan perjalanan untuk terus tumbuh bersama dan membuat perubahan positif, untuk masyarakat dan bangsa.

BACA JUGA:  Jalan Provinsi di Batang Serangan Langkat Amblas

VP Corporate Communications Gojek sekaligus Ketua Penyelenggara Kreasi Pewarta Anak Bangsa, Audrey Progastama Petriny mengatakan, insan pers berkontribusi sangat besar dalam menginspirasi dan mencerdaskan bangsa melalui karya-karya jurnalistik.

Bagi Gojek, insan pers merupakan mitra yang mendorong kami untuk selalu berinovasi dalam mendukung keseharian masyarakat termasuk dalam menghadapi tantangan Covid-19.

“Di tengah pandemi, di mana masyarakat semakin intensif bertransaksi online, Gojek dan insan pers bersama-sama dapat membawa perubahan positif dengan meningkatkan literasi keamanan digital agar masyarakat terhindar dari modus-modus kriminalitas yang menggunakan manipulasi psikologi di ranah daring,” jelasnya melalui keterangan tertulisnya, Rabu 23 September 2020.

BACA JUGA:  Avrist Assurance Kenalkan Dana Pensiun ke Millennials dan Gen-Z

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia menyambut baik kolaborasi ini. “Inisiatif ini sejalan dengan semangat kami untuk mendorong lahirnya lebih banyak karya-karya jurnalistik yang berkualitas. Kami berharap kompetisi ini dapat meningkatkan literasi masyarakat tentang keamanan digital dan perkembangan teknologi serta pentingnya gaya hidup sehat dan bersih,” kata Ketua Umum AJI Indonesia, Abdul Manan.

Gojek dan AJI mengundang jurnalis cetak dan online di nasional dan daerah untuk berpartisipasi mengirimkan karya terbaiknya. Tema utama lomba: “Peran Platform Digital Mendukung Berbagai Aktivitas dengan Mengedepankan Aspek Keamanan & Kebersihan di Tengah Pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Adapun tema utama dibagi menjadi 2 tema khusus yakni Kategori Nasional – untuk media di Jakarta atau memiliki jangkauan nasional. Tema di Kategori Nasional pertama upaya platform digital meningkatkan keamanan dalam menangkal kejahatan rekayasa sosial di tengah meningkatnya transaksi online.

BACA JUGA:  Prediksi Pertandingan Liga Champions: Juventus vs Barcelona

Kedua, kategori regional untuk jurnalis media regional (lokal) di Medan, Palembang, Padang & Pekanbaru, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Malang, Makassar dan Balikpapan.

Tema di kategori regional yakni upaya platform digital menghadapi tantangan untuk tetap menjadi andalan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 dengan mengedepankan aspek Kesehatan, Kebersihan dan Keamanan.

Karya tulis yang dapat diikutsertakan dalam lomba adalah straight news dan feature yang dimuat di media cetak dan online mulai periode 23 September-21 Oktober 2020. (*)

 

Reporter : Nastasia
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Temuan Mayat Bikin Geger, Dikabarkan Sempat Cekcok Keluarga

admin2@prosumut

Diduga Akibat Main Mancis, Dua Rumah di Jalan Pelajar Terbakar

admin@prosumut

Puting Beliung Hancurkan Rumah Warga di Langkat

admin@prosumut