Prosumut
Pemerintahan

Bupati Asahan Lantik Kwarcab Pramuka Masa Bakti 2019-2024

PROSUMUT – Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Asahan Masa Bakti 2019-2020 dilantik oleh Bupati Asahan selaku Ketua Mabicab, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Selasa 22 September 2020.

Pada pelantikan tersebut Ketua Mabicab Asahan H Surya menyematkan tanda jabatan kepada Ketua Kwarcab Asahan masa bakti 2019-2020 Agus Ramanda di hadapan Sekretaris Kwarda Sumatera Utara (Sumut), Ketua Harian Mabicab Asahan (Pj. Sekda Kabupaten Asahan), Wakil Ketua (Unsur Forkopimda Kabupaten Asahan).

Bupati Asahan pada sambutannya mengatakan kita mengetahui bahwa Gerakan Pramuka sebagai gerakan pendidikan pada jalur pendidikan non formal yang tak terpisahkan dari sistem pendidikan, gerakan Pramuka bertujuan menumbuhkan tunas bangsa melalui generasi muda yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur, memiliki kecerdasan keterampilan yang tinggi, serta bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.

Untuk merealisasikan tujuan tersebut maka Gerakan Pramuka diarahkan kepada berbagai program berupa pendidikan mental dan kepribadian, keterampilan serta karya bakti untuk membantu masyarakat dalam bidang pelestarian lingkungan hidup, peningkatan perekonomian keluarga, kesehatan dan pendidikan, serta bidang sosial budaya.

BACA JUGA:  Pjs Bupati Labuhanbatu Monitoring Kesiapan Bawaslu Jelang Pilkada

Surya juga mengatakan, jika melihat komposisi pengurus kwartir cabang Asahan yang baru saja dilantik, Saya yakin dan percaya, jika kita mempunyai kepedulian dan tanggung jawab yang tinggi terhadap Gerakan Pramuka Asahan.

“Serta diiringi dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas dari segenap jajaran kepengurusan yang ada, maka insyaallah Gerakan Pramuka Asahan ke depannya akan lebih maju dan mampu berkembang dengan lebih baik lagi,” sebutnya.

Mengakhiri sambutannya Bupati Asahan mengucapkan selamat kepada segenap pengurus yang baru saja dilantik.

Mudah-mudahan momentum pengukuhan pelantikan pengurus Mabicab dan Kwarcab Gerakan Pramuka Cabang Asahan kali ini, akan memberikan semangat baru, sekaligus mengingatkan kembali tentang tugas dan tanggung jawab kita bersama terhadap kemajuan Gerakan Pramuka di Kabupaten Asahan.

BACA JUGA:  Rembuk Percepatan Pencegahan Stunting di Labuhanbatu, Ini Rencananya

Sementara Ketua Kwarda Sumut H. Nurdin Lubis mengatakan untuk menyelenggarakan misinya, Gerakan Pramuka memerlukan bimbingan dan bantuan baik dari pemerintah maupun masyarakat.

“Untuk itu pada masing-masing tingkat kwartil, mulai nasional, daerah, cabang, ranting, gugus depan dan satuan karya, dibentuk satu majelis yang memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengurus kwartir, yang dinamakan dengan Majelis pembimbing atau Mabi,” jelasnya.

Nurdin juga mengatakan sejak awal terjadinya wabah Covid-19 yang melanda, Gerakan Pramuka selalu tanggap dan mengambil bagian dalam upaya penanggulangannya.

Dimulai dari hal-hal kecil bagi anggota pramuka, seperti mendidik pentingnya menjaga kebersihan tubuh, termasuk rajin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker bilang pergi keluar rumah, dan menjaga jarak di keramaian.

BACA JUGA:  Kaban Bappeda Labuhanbatu Buka Muscab HIPMI ke IV

Selanjutnya, para pramuka juga aktif dalam gerakan melakukan penyemprotan desinfektan maupun kegiatan lainnya yang dibutuhkan dalam membantu menanggulangi wabah Covid-19 bersama pemerintah dan masyarakat.

“Apa yang dilakukan ini juga merupakan bagian dari bela negara, wujud konkrit kecintaan dan pembelaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai organisasi pendidikan yang berasaskan Pancasila. Sebagai organisasi pendidikan yang berasaskan Pancasila, aktivitas membantu penanggulangan bencana alam dan mengatasi wabah covid-19 ini adalah kegiatan untuk menunjukkan betapa semua anggota pramuka berusaha menepati janjinya yang antara lain mengatakan “Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya. (*)

 

Reporter : Nikmatullah Johari
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Kepala Daerah yang Tak Netral Silakan Mundur

Val Vasco Venedict

6 Santri di Langkat Berangkat Umroh Gratis

admin@prosumut

Pemko Medan Dituding Tak Punya Nyali Tertibkan Pedagang Warkop Depan RS Elisabeth

Ridwan Syamsuri