Prosumut
Pemerintahan

Peringatan World Clean Up Day, Ini Ajakan Umar Zunaidi

PROSUMUT – Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan meminta warga masyarakat dapat memanfaatkan sampah yang memiliki nilai ekonomis agar diproses atau didaur ulang.

Hal ini disampaikan Umar Zunaidi Hasibuan saat menghadiri peringatan Hari Sampah Sedunia (World Clean Up Day) Tahun 2020, Sabtu 19 September 2020 di Kelurahan Pinang Mancung Lingkungan III Kecamatan Bajenis Kota Tebingtinggi.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota turut menegaskan bahwa hari ini adalah hari ‘World Clean Up Day’ dan ini adalah bahagian dari kita melakukan pengumpulan sampah dan kepada masyarakat diharap aktif menjaga kebersihan lingkungan.

BACA JUGA:  Percepatan Cegah Stunting, Bappenas RI Kunjungi Langkat

“Namun kali ini pada proses pengumpulan sampah kita lakukan juga pemilahan sampah, seperti organik, non organik maupun sampah lainnya guna memudahkan dalam hal pengolahan sampah nantinya,” imbuh Umar Zunaidi.

BACA JUGA:  BPK RI Perwakilan Sumut Kunjungan ke Asahan

Menurut Wali Kota, kedepan tidak semua sampah harus masuk ke tempat pembuangam akhir sampah atau TPA. Harus ada prosesing sampah yang dilakukan oleh masyarakat dengan catatan mungkin bisa menjadi pembuatan pupuk organik dilingkungannya masing-masing ataupun adanya bank sampah yang bernilai ekonomis.

“Saat ini sampah bukan lagi menjadi beban, karena sampah memiliki nilai ekonomis jika dikemas dengan baik dan dapat menjadi penambah pendapatan keluarga untuk membayar listrik, tagihan air atau lainnya,” terang Wali Kota.

BACA JUGA:  Pisah Sambut Danlanal Tanjungbalai Asahan

Hadir bersama Wali Kota, Kadis Perkimsih Muhammad Hasbi Ashshiddiqi, Kadis Lingkungan Hidup Idham Khalid, Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, Camat Bajenis Dira Astama, Trisna beserta Lurah dan para Kepling beserta Babinsa. (*)

 

Reporter : Ronald Pasaribu

Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Pemkab Deliserdang dan PT KIM Panen Padi di Hamparanperak

admin002

Ketua DPRD Sumut Disomasi, Pengesahan P-APBD Tak Kourum

valdesz

Gugus Tugas Covid-19 Asahan Terima Lagi Bantuan Masyarakat

admin2@prosumut