Prosumut
Sosial Budaya

Bupati Labuhanbatu Hadiri Pembinaan Manajemen Tanah Wakaf Masjid

PROSUMUT – Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe menghadiri pembinaan manajemen dan sosialisasi tanah wakaf Mesjid yang di gagas oleh pengurus Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Labuhanbatu Jumat 18 September 2020 di Aula Kantor Camat Bilah Barat.

“Kita harus memiliki hitung-hitungan untuk kemakmuran masjid, di Labuhanbatu dengan jumlah penduduk 510 ribu jiwa, lebih 85 persennya menganut agama Islam. Namun hanya memiki 500 masjid. Bagaimana kita menyeimbangi kebutuhan rumah ibadah umat muslim tersebut,” kata Bupati.

Hari ini kata Bupati, rumah ibadah yang ada masih bisa menampung jamaah. Begitu juga lahan masih tersedia untuk membangun masjid atau musala. Namun kondisi itu tidak akan sama di 20-30 tahun mendatang, seiring bertambahnya jumlah penduduk dan pemukiman.

Untuk itu dirinya menyampaikan bahwa ini juga menjadi tugas DMI untuk berinovasi memakmurkan masjid. Karenanya ia berharap masyarakat yang punya lahan untuk membangun rumah ibadah, bisa membuat sertifikat wakaf.

Sebelumnya, Ketua DMI Labuhanbatiu Ustaz Rendi fitrayana LC menyampaikan proses keagamaan sangat tergantung dengan kebijakan pemimpinya.

“Alhamdulillah hari ini kita memiliki pemimpin yang peduli dengan keadaan umat, terbukti hingga hari ini di bawah bimbingan Bupati Labuhanbatu seluruh mesjid yang ada di labuhanbatu akan segera memiliki sertifikat hak milik BKM, agar kedepan tidak ada muncul permasalahan terkait hak milik tanah dan bangunan seperti yang sering kita dengar di kota kota besar, banyak mesjid yang dirubuhkan hanya karena sengketa dengan ahli waris,” jelasnya.

Sejak beberapa waktu lalu katanya, DMI sudah berupaya melakukan kepengurusan sertifikat wakaf atas petunjuk Bupati yang telah melakukan MOU dengan BPN, dan Alhamdulillah berjalan lancar.

“Semoga dalam waktu dekat ini seluruh Mesjid dan Mushallah yang ada di labuhanbatu memiliki sertifikat tersebut,” ujar Rendi.

Disisi lain, ketua DMI Kecamatan Bilahbarat Ustaz Sholeh menyampaikan bila mana ada salah satu masjid ataupun Musala yang ada di Kecamatan Bilah Barat ataupun di Labuhanbatu ini yang belum memiki sertifikat kiranya melaporkan ini kepada DMI Labuhanbatu agar segera di urus sertifikat tersebut.

“DMI siap membantu dan ini tidak akan di kenakan biaya,” ujar Ustaz Soleh.

Sosialisasi tersebut di hadiri Camat Bilah Barat M Kartadinata, serta pejabat pemerintahan dan pengurus DMI setempat. (*)

 

Reporter : Sofyan Ritonga
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Ketua TP PKK Asahan Hadiri Silaturahmi Pengajian di Sentang

admin2@prosumut

Bupati Labuhanbatu Tanggapi Keluhan Warga Desa

admin2@prosumut

Bupati Labuhanbatu Ikuti Kajian Akbar Ustaz Yahya Waloni

admin2@prosumut