Prosumut
Berita

Merajut Kebhinekaan di Ruang Publik, DR RE Nainggolan: Kita Berikan Literasi yang Benar!

PROSUMUT – Pentingnya penguatan nilai-nilai Pancasila dan Kebhinnekaan menjadi catatan penting disampaikan tokoh masyarakat DR RE Nainggolan pada sebuah diskusi Kerapatan Indonesia Tanah Air (KITA) di Hotel Emerald Garden Medan, Minggu 13 September 2020.

Penguatan tersebut menurutnya harus dilakukan terutama pada ruang publik sebagai satu kepentingan agar nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika dapat dipahami dan dipertahankan di tengah masyarakat dari generasi ke generasi.

Pernyataan itu disampaikannya dalam diskusi yang digelar KITA Medan dengan tema ‘Merajut Kebhinnekaan Mengokohkan Persatuan dan Kesatuan’.

“Jangan sampai ruang publik ini dikuasai oleh orang-orang yang tidak ingin Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika tetap terjaga,” ujar RE Nainggolan yang juga mantan Sekdaprov Sumut.

Menurutnya, ruang publik punya pengaruh besar dalam menjaga dan melestarikan nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

Sebab di ruang tersebut, literasi sehat tentang dua hal ini menjadi tanggungjawab bersama dalam menjaga Indonesia.

“Sebab, pada ruang-ruang publik ini jugalah pihak-pihak yang tidak ingin Indonesia tetap bersatu akan terus bermain. Karena itu penting saya kira, ruang publik ini kita kuasai dengan literasi yang benar,” pungkasnya.

Ditegaskan RE Nainggolan bahwa diskusi tersebut juga menjadi bagian dari upaya mengisi ruang publik itu. Sebab dirinya sebagai Dewan Hikmah KITA Sumut merasa hal itu sebagai tanggungjawab yang harus dijalankan. (*)

 

Reporter : 

Konten Terkait

Ayo, Ini Tips Olahraga Pilihan di Bulan Ramadhan

valdesz

Ruangan DWP dan Budi Disegel KPK

Pro Sumut

Begini Kronologis Tabrakan Beruntun di Simpang Pondok Kelapa

admin2@prosumut