Prosumut
Ekonomi

Harga Ayam Potong Bergerak Naik

PROSUMUT – Harga ayam potong di Medan mulai bergerak naik. Sebelumnya harga ayam ini berada di harga Rp 20 ribu per kilogram. Namun, hari ini  dijual dikisaran Rp 26 ribu hingga Rp 28 ribu per kg.

Seperti yang dikatakan seorang pedagang ayam potong di Pasar Simpang Limun Medan, Iir mengatakan harga ayam sudah turun sejak pekan lalu. Namun perlahan naik menjadi Rp 26 ribu.

“Sebelumnya sempat turun harga ayam sekitar Rp 20 ribu per kilogram. Tapi setiap hari naik Rp 1000 , kadang Rp 2000. Makanya sekarang sudah Rp 26 ribu kita jualnya,” kata Iir, Minggu 6 September 2020.

BACA JUGA:  Penggiat Koperasi & Pelaku UMKM Diharapkan Ikut Sosialiasi Pedoman AKB

Ia mengatakan harga daging ayam memang sangat fluktuatif. Meski begitu, harga daging ayam ini tidak berpengaruh pada minat masyarakat membeli ayam.

“Kalau kita pelanggannya sudah tetap ya. Jadi enggak berpengaruh lah sama penjualan. Sama saja jumlah orang belinya. Apalagi harganya bukan naik tinggi kali. Kalau harganya sampai Rp 40 ribuan mungkin baru kurang pembeli,” ujarnya.

BACA JUGA:  Pandemi, 73 Persen Pelaku Usaha di Sumut Beroperasi Normal 

Sedangkan Sugik, pedagang daging ayam di Pasar Cempaka mengatakan daging ayam potong dijual Rp 28 ribu perkilogram. Padahal ia mengatakan tiga hari sebelumnya ayam masih dijual Rp 20 ribu per kilogram.

“Kemarin sempat sangat murah ayam ya. Sekarang sudah mulai mahal lagi. Kami jualnya Rp 28 ribu perkilogram,” katanya.

Ia mengatakan kenaikan harga ayam ini tidak terlalu berpengaruh pada penjualannya. Apalagi setiap hari harga ayam naik perlahan.

BACA JUGA:  Tiga Bank Syariah BUMN Publikasikan Rencana Merger 

“Kalau dapat pasokan ayamnya enggak susah. Cuma pembeli ada juga yang bertanya kok bisa harganya naik. Kitapun enggak tahu kenapa karena kan memang mengikuti harga pemasok saja. Kalau dari sana tinggi, kami juga jualnya tinggi,” pungkasnya. (*)

 

Reporter : Nastasia
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Jemaah yang Berhaji Lebih dari Sekali Dikenakan Biaya Visa Rp7,5 Juta

admin@prosumut

Agustus, Sumut Berpeluang Inflasi 0,05 Hingga 0,13 Persen

admin2@prosumut

BPJS Menunggak Utang Rp9,1 T, Menkeu Ogah Bayar Penuh

admin@prosumut