Prosumut
Hukum

Optimis Menuju WBK, Ini 11 Inovasi Lapas Binjai

PROSUMUT – Lapas Kelas II A Binjai optimis menuju WBK. Sejalan dengan itu, Lapas Binjai menciptakan 11 inovasi.

Itu dipaparkan Kalapas Binjai, Maju Siburian saat kunjungan Staf Khusus Menkumham RI Milton Hasibuan, Kamis 3 September 2020.

Inovasi dimaksud di antaranya, Halte Pas yang merupakan penambahan sarana berupa ruang tunggu bagi masyarakat yang berkunjung ke Lapas Binjai dikarenakan intesitas pengunjung yang meningkat.

Sementara sarana bagi pengunjung untuk menunggu tidak ada, dan terkena terik matahari. Kemudian, Lapritas yang merupakan layanan yang dikhususkan bagi kelompok rentan maupun disabilitas.

Tidak hanya itu, Poli Cukur, singkatan dari Pendaftaran Online Cepat dan Terukur, merupakan layanan pendaftaran secara online melalui Aplikasi WhatsApp bagi masyarakat untuk mengurai jumlah antrian, untuk pendaftaran secara online dapat dilakukan dengan mengirim ke nomor WhatsApp.

“Inovasi Selfi Batih WBP, Self Service Bagi Keluarga Inti WBP, merupakan layanan  mandiri terkait dengan Informasi Status Wargbinaan Pemasyarakatan Lapas Binjai, baik jenis hukuman, tanggal bebas, jumlah remisi yang didapatkan dan Waktu Pengusulan mengikuti Program Integrasi (PB, CB, CMB). Ada juga Inovasi SIAP WBK, Sistem Informasi Antrian Pengunjung dan Waktu Berkunjung. Pemanggilan antrian pengunjung yang berada di depan Layanan Kunjungan dengan menggunakan audio pemanggil sesuai dengan momor antrian pengunjung dan layanan audio di ruang kunjungan yang menyampaikan informasi waktu keluarga terhadap Wargabinaan Pemasyarakatan Kelas II A Binjai,” paparnya, Jumat 4 September 2020.

Lebih lanjut, ada Inovasi Risol, merupakan Layanan Pemasyarakatan yang bertujuan untuk mempercepat dan mempermudah proses Pengusulan Layanan Remisi dan Integrasi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan Kelas II A Binjai, baik dalam hal pengusulan Remisi dan Integrasi (PB, CB, CMB).

“Kami juga menciptakan Inovasi Ramah Anak, singkatan dari Ruang Bermain Khusus Anak-Anak, merupakan sarana yang  dibangun sebagai tempat bermain anak-anak bagi pengunjung yang datang ke Lapas Binjai yang membawa anak. Kemudian ada juga Inovasi Terasi singkatan dari Tempat Ruang Laktasi, merupakan fasilitas yang ada di Lapas Binjai sebagai tempat bagi Pengunjung yang telah membawa anak bayi sehingga pemberian ASI tidak terputus meskipun sedang berada di dalam lapas,” terangnya.

Ia menambahkan, ada juga Inovasi Labin Pure, singkatan dari Lapas Binjai Public relations, merupakan Tim yang dibentuk untuk memberikan percepatan informasi dan publikasi terkait Program dan Kebijakan Pemerintah di jajaran Pemasyarakatan baik melalui Website, Media Sosial, dan Channel Youtube.

Terdapat juga inovasi Manjur, merupakan aplikasi yang dibentuk dan  terintegrasi dengan aplikasi SIMPEG Kemenkumham dalam rangka memonitoring Kehadiran seluruh pegawai dan Jurnal Harian secara Real-Time guna mengetahui kehadiran dan Jurnal Harian Pegawai.

“Terakhir ada Inovasi Singkat, (Sistem Monitoring Kehadiran Pejabat) Merupakan Inovasi terkait dengan kehadiran Pejabat, ada atau tidak ada di tempat,” ujarnya.

Sementara itu, Staf Khusus Menkumham, Milton Hasibuan dalam penguatan WBK/WBBM di Lapas Binjai mengatakan dengan membenahi SDM, pelayanan-pelayanan dan prosedur-prosedur yang telah dibuat, mari persingkat sehingga pengunjung yang mendapat layanan semua mudah dan tidak bingung.

“Ada kejelasan mengenai informasi pelayanan apa yang kita berikan, sarana dan prasarana yang baik, kita membuat  aplikasi-aplikasi yang memudahkan masyarakat, agar terciptanya tidak adanya korupsi, tidak adanya pungli,” ujarnya.

“Kita lakukan pelayanan-pelayanan terbaik, sehingga terbangun citra-citra positif, bahwa kantor kita ini pembangunan zona integritas, bahwa zona integritas itu merupakan komitmen bersama dan kita sosialisasikan agar masyarakat mengenali apa yang ada di Lapas Binjai,” tutupnya. (*)

 

Reporter : Muhammad Akbar

Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Hina Bayi Pangeran Harry, BBC Pecat Penyiar Seniornya

Val Vasco Venedict

Protes Tak Dapat Tali Asih, Nelayan Bagan Deli Diminta Ajukan Permohonan

Ridwan Syamsuri

Kampanyekan Prabowo, Pegawai PTPN IV Dihukum 3 Bulan Penjara

admin@prosumut