Prosumut
Media

Audiensi SMSI, Ini Pesan Ketua DPRD Sumut

PROSUMUT – Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara, Drs Baskmi Ginting menerima audiensi pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumut di ruang pimpinan gedung dewan Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu 2 September 2020.

Baskami Ginting menyatakan senantiasa siap menjalin kerjasama dengan insan pers dan media, dalam rangka membangun Sumut Bermartabat.

Audiensi pengurus SMSI dipimpin Ketua dan Sekretaris, Ir Zulfikar Tanjung dan Erris Julietta Napitupulu diikuti sejumlah pengurus diantaranya, Irma Yuni, SE (Bendahara juga pemilik Lintasmedan.com), Agus Safaruddin Lubis (Wakil Ketua juga pemilik Realitasonline), Roni Purba (Penasehat juga pemilik Topmetro News), Hafnida Dalimunthe (Ketua Bidang juga pemilik Tobasatu.com), Ariadi (Koordbid Bidang juga pemilik Inimedan.com), dan Agus Utama (Ketua Bidang juga perwakilan dari Waspada Online).

Baskami mengaku tanpa media dirinya khususnya dan umumnya semua tokoh tidak ada apa apanya. Sebab banyak tokoh daerah dan nasional yang besar karena media.

Pada kesempatan itu Baskami merupakan politisi PDI Perjuangan ini mengaku prihatin saat ini sejumlah pihak menyalahgunakan media siber untuk kepentingan negatif.

Untuk itu dia minta kepada SMSI agar mampu berperan aktif dalam menghadapi dan mengurangi penyalahgunaan negatif media siber apalagi berita hoaks (bohong).

Lebihlanjut dia juga menyatakan senantiasa siap berkerjasama dengan insan pers dan media.

Sebelumnya, Zulfikar Tanjung menyampaikan organisasi SMSI didirikan tahun 2017, dan sudah diakui sebagai konstituen Dewan Pers.

Yakni Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), SMSI dan Serikat Penerbit Pers (SPS), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Pewarta Foto Indonesia (PFI), dan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI).

Zulfikar menjelaskan, saat ini SMSI telah memiliki sebanyak 100 anggota media siber di Sumut. Dia menyatakan menjadi anggota di SMSI ini bukan orangnya tapi medianya.

Sedangkan Penasehat SMSI Sumut Roni Purba juga berharap SMSI mampu menjembatani dan membentengi merebaknya penyalahgunaan media siber da berita bohong.

“Sebab kita tidak ingin penyalahgunaan media siber dan berita hoaks menyebabkan pandangan negatif di masyarakat terhadap media. Untuk itu perlunya peran insan media dan dewan dalam menyikapi penayalagunaan media siber dan berita hoaks,” kata Roni.

WORKSHOP MEDIA

Sementara itu, Erris Julietta Napitulu pada kesempatan itu melaporkan SMSI Sumut akan menggelar workshop media siber. Kata dia workshop terkait menyikapi persoalan yang berkembang belakangan ini.

“Dimana media siber saat ini sangat rentan tersangkut dengan UU IT. Sehingga diharapkan melalui workshop ini para insan pers atau pemilik media siber bisa terhindar dari kasus atau persoalan UU IT,” katanya. (*)

 

Reporter : Iqbal Hrp
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Pemerintah Mulai Buka Blokir Internet di Papua dan Papua Barat

admin@prosumut

Pers dalam Hegemoni Media Sosial : Catatan HPN 2020

valdesz

Akses Medsos Dipersulit 3 Hari, Cegah Hoax 22 Mei

Val Vasco Venedict