Prosumut
Umum

Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Abu 1.000 Meter

PROSUMUT – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo kembali erupsi pada Minggu, 23 Agustus 2020. Erupsi terjadi pada pagi hari pukul 07.41 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 1.000 meter.

“Tinggi kolom abu teramati ± 1.000 meter di atas puncak (± 3.460 meter di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur,” kata KESDM Badan Geologi PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung, Moh Nurul Asrori kepada wartawan, Minggu 23 Agustus 2020.

BACA JUGA:  3 Bocah Hilang Misterius Masih Terus Dicari

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi ± 12 menit 27 detik. “Terjadi awan panas ke tenggara sejauh 1.000 m,” sambungnya.

Diutarakan dia, saat ini Gunung Sinabung masih berada pada satus Level III (Siaga). Untuk itu, terdapat beberapa rekomendasi.

BACA JUGA:  Pelaku Perusakan Mobil Saat Demo Omnibus Law Ditangkap

“Pertama, masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung. Kemudian, radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara,” jelasnya.

Kedua, jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Selain itu, mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

BACA JUGA:  Prediksi Pertandingan Liga Italia: Juventus vs Hellas Verona

“Ketiga, masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar,” pungkasnya. (*)

 

Reporter : Rayyan Tarigan
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana 2020, Seluruh Instansi Harus Bersinergi

admin@prosumut

Kedua Kubu Harus Bangun Optimisme Publik

Val Vasco Venedict

Kapolri dan Panglima TNI Pimpin Apel di Medan, 120 Ribu Personil Gabungan Amankan Nataru

admin@prosumut