Prosumut
Sosial Budaya

Belajar dari Jogja, Batubara Siap Kembangkan Modifikasi Tenun

PROSUMUT – Ketua TP-PKK Kabupaten Batubara, Ny Maya Indriasari Zahir melihat langsung proses pengolahan teknik membatik pada batik ecoprint. Rencananya cara dimaksud akan dikembangkan di kabupaten ini karena ketersediaan bahan pembuatannya.

Hal itu disampaikannya usai berdialog bersama pembatik di lokasi ecoprint di Desa Kalangan Trimulyo Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman Yogyakarta Jumat 21 Agustus 2020 lalu.

Dalam dialog tersebut, Maya mendapatkan penjelasan dari Presiden Direktur PT Milang Kari Persada yang juga mengusung tema Rumah Celub Indonesia, Fitriani Kuroda.

Diceritakan bahwa teknik membatik pada batik ecoprint, memanfaatkan berbagai dedaunan, bunga, dan ranting pohon yang disebarkan begitu saja secara acak atau ditata di atas kain.

“Bahan-bahan itu digunakan untuk menggantikan cap atau cetakan layaknya batik tulis umumnya. Kemudian kain digulung dan direbus beberapa waktu hingga saat dibuka kembali sudah terbentuk gambar daun, bunga atau ranting. Hebatnya lagi, seluruh pengerjaan dilakukan oleh para ibu,” urai Maya mengulangi penjelasan sang Direktur.

Bupati Batubara yang juga turut serta dalam rombongan tersebut mengatakan akan mendukung rencana pengembangan modifikasi tenun di kabupaten tersebut. Apalagi kegiatan seperti ini adalah bagian dari instruksi Presiden RI dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi melalui UMKM, terutama di masa pandemi Covid-19.

“Khususnya di Batubara, melalui kegiatan produktif yang akan dikembangkan oleh kelompok masyarakat terutama kaum ibu nantinya. Kita akan siapkan fasilitasnya dan alatnya juga,” kata Zahir didampingi Kadis Perindag UKM Ahmadan Choir dan Kadisdik Ilyas Sitorus.

Senada dengan itu, Kadis Perindag dan UMKM, Ahmadan Choir mengatakan kelompok pengrajin yang ada akan diberikan bekal menggunakan teknik ecoprint, dimana karektersitik dan pemberdayaan berbasis potensi lokal menjadi targetnya.

“Kita mengharapkan bantuan pendampingan juga tentunya dari kawan kawan pengrajin di bawah binaan Ibu Fitriani Kuroda,” ujar Choir. (*)

 

Reporter : Rahman
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Telkomsel Donasi Ventilator, 100.000 APD dan Bansos Rp 25 Milliar Hadapi Covid-19

admin2@prosumut

Mejelis Al Azka Asahan Gelar Dzikir Akbar

admin2@prosumut

Konsep Tanpa Riba, Organisasi MBB Diapresiasi Warga Asahan

admin2@prosumut