Prosumut
Umum

Aktivitas Gunung Sinabung Masih Level III

PROSUMUT – Beberapa hari terakhir, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, kembali erupsi. Kini, tingkat aktivitas gunung berketinggian 2.460 mdpl itu masih Level III.

“tingkat aktivitas status Gunung Sinabung berada pada Level III (siaga),” ujar KESDM Badan Geologi PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung, Moh Nurul Asrori kepada wartawan, Kamis 20 Agustus 2020.

BACA JUGA:  Pulang Cek Proyek Drainase, PNS di Langkat Tewas Tergelincir

Ia mengatakan, berdasarkan pengamatan pada pukul 06.00 hingga 12.00 WIB, secara visual, gunung terlihat jelas hingga kabut 0-I. Asap kawah teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi 100-500 m di atas puncak kawah.

“Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung. Kemudian, radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara,” sebut Moh Nurul Asrori.

BACA JUGA:  Bulog Hadirkan Beras Lokal Premium Andaliman dan Danau Toba

Jika terjadi hujan abu, sambungnya, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Tak hanya itu, mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

BACA JUGA:  Pulang Cek Proyek Drainase, PNS di Langkat Tewas Tergelincir

“Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar,” pungkasnya. (*)

 

Reporter : Rayyan Tarigan

Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Brimob Polda Sumut Berbagi Kasih di Hari Lahir Pancasila

admin2@prosumut

Ditanya LBP Kenapa Sering Marah-marah, Ini Jawaban Edy Rahmayadi

Val Vasco Venedict

Isolasi Mandiri Bikin Berantakan Nafsu Makan, Begini Solusinya!

valdesz