Prosumut
Pemerintahan

Bupati Sergai Lantik Pj Kades Lubukcemara, Ini Pesannya

PROSUMUT – Bupati Sergai Ir Soekirman melantik Pj Kepala Desa (Kades) Lubukcemara Kecamatan Perbaungan yang digelar di Aula Sultan Serdang, Sei Rampah, Kamis 2 Juli 2020.

Pelantikan ini berdasarkan SK Bupati Sergai Nomor : 320/18.18/Tahun 2020 tanggal 16 Juni 2020 tentang pemberhentian Kepala Desa dan Pengangkatan Penjabat Kepala Desa Lubukcemara Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Dalam amanatnya, Bupati mengucapkan selamat kepada Karimuddin yang telah resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Kades Lubukcemara. Dirinya berharap agar kepercayaan masyarakat dapat dijaga dengan sebaiknya, serta amanah dan bekerja sepenuh hati, ikhlas melayani masyarakat.

“Kinerja saudara juga akan senantiasa diawasi oleh Pemerintah, atasan dan para pemangku kepentingan yang ada di desa. Kelalaian dan kesalahan akan dikenai sanksi mulai dari teguran sampai dengan pemberhentian,” kata Soekirman.

BACA JUGA:  Pemkab Langkat Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Menurut Soekirman bahwa Kades adalah ujung tombak dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Oleh karenanya dituntut untuk memiliki pengetahuan yang lebih sehingga mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat.

Tugas yang diemban Kades juga cukup berat lanjut Soekirman. Semestinya harus dibantu oleh segenap komponen masyarakat untuk bersama menyelenggarakan otonomi desa dalam usaha mencapai kesejahteraan.

“Untuk itu saya mengajak masyarakat untuk mendukung dan membantu Pj Kades dalam melaksanakan tugasnya. Serta bersama-sama menggali potensi yang ada untuk membangun desa menjadi lebih baik dan maju kedepannya,” sebut Soekirman.

Selain itu, Soekirman juga mengimbau kepada Karimuddi agar terus belajar dan berkoordinasi dengan pemerintah kecamata maupun Pemkab tentang pelaksanaan tugas kades.

BACA JUGA:  Tim Gabungan Sasar Pasar Tradisional untuk Razia Masker

“Pelajari peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang tugas-tugas Kepala Desa, sehingga dalam melaksanakannya tetap berada dalam koridor yang tepat. Lakukan pembinaan terhadap perangkat desa serta bijak dalam mengambil keputusan untuk kemaslahatan masyarakat desa,” imbaunya.

Pesan Bupati secara khusus juga disampaikan kepasa kades tersebut, adapun saat ini Desa Lubukcemara akan dinobatkan sebagai Desa Budaya Banjar. Karenanya kades harus terus melakukan koordinasi bersama OPD guna suksesi kampung tersebut.

Selanjutnya kata Seokirman, adalah bagaimana potensi di desa tersebut dapat digali. Mulai dari makanan, adat istiadat dan budaya yang perlu revitalisasi agar menunjukkan bahwa Sergai merupakan Tanah Bertuah Negeri Beradat. Ini kaitannya karena banyak suku mendapatkan yang sama dalam komponen Bhineka Tunggal Ika.

BACA JUGA:  Pemkab Asahan Gelar Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat

Sebelumya, sejumlah desa sudah dinobatkan sebagai desa Jawa dan Melayu, menyusul budaya seperti batak, minang serta lainnya.

Disamping itu, menjelang Pilkada Sergai Bupati Soekirman menegaskan, kepada seluruh ASN, TNI/Polri, Kepala Desa dan perangkat Desa harus menjaga netralitas dalam pesta demokrasi tersebut.

“Mari kita jaga kekondusifan daerah dengan tetap bersatu padu, tidak mudah terprovokasi. Kades dan perangkat desa menjadi penyejuk suasana dan tidak ikut-ikutan dalam politik praktis sebagai bentuk berjalannya dengan baiknya demokrasi di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini,” pungkas Soekirman. (*)

 

Reporter : Bhatara Hsb
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Antisipasi Coret-coret dan Konvoi, Siswa SMP Tidak Gunakan Seragam Putih

Ridwan Syamsuri

Soekirman Tinjau Peserta Ujian SKB CPNS Pemkab Sergai

admin002

Pandemi Covid-19, Program KB di Sumut Tertunda

admin002