Prosumut
Rilis & Seremoni

Pertanian UMSU Sosialisasi Pakan Burung dari Buah Seri

PROSUMUT – Fakuktas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melakukan pengabdian masyarakat, terkait sosialisasi pembuatan Pakan Kicau Organik dari Buah Ceri, di Jalan Karya Selamat Kecamatan Medan Johor, Minggu 28 Juni 2020.

Sosialisasi itu dilakukan seiring bertambahnya penggemar burung berkicau di kawasan Kota Medan dan sekitarnya.

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang telah didanai oleh UMSU melalui lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat,” ujar Sekretaris Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian UMSU, Akbar Habib.

Ini merupakan pekerjaan kelompok, dimana Akbar Habib sebagai ketua dengan anggota Wan Arfiani Barus dan Wildani Lubis selaku civitas akademik di fakultas tersebut. Termasuk juga melibatkan mahasiswa.

Dari sosialisasi ini lanjut Habib, pihaknya ingin memyampaikan kepada masyarakat bahwa buah Seri bisa dimanfaatkan sebagai pakan untuk burung.

“Ternyata banyak manfaat buah seri yang bisa digunakan sebagai bahan pembuatan pakan racikan organik, apalagi semakin meningkatnya jumlah penggemar burung berkicau di kawasan Medan Johor,” tambahnya.

Habib pun mengatakan kepada peternak dan penghobi agar mereka mampu membuat pakan racikan sendiri dengan bahan yang mudah didapat mudah murah dan aman dikonsumsi untuk burung berkicau.

“Semoga ini bisa menjadi alternatif usaha yang dapat bersaing dengan pakan berkicau lainnya. bahkan mungkin dengan pakan berkicau pabrikan. Jika melihat kebiasaan para penghobi burung berkicau yang selalu mencari formula untuk burung kontesnya dari buah ceri ini berpeluang besar untuk dilirik,” terangnya.

Terakhir, Habib berharap kedepannya seri tidak lagi menjadi tumbuhan (liar) namun menjadi tanaman komersil yang banyak dimanfaatkan oleh orang banyak, sebagai penghasilan baru bagi peternak dan bagi yang ingin mengembangkan usaha pakan racikan.

Warga setempat Agus Suroso yang merupakan pengurus Nirwana Bird Club menyambut baik apa terkait pemanfaatan buah seri tersebut.

“Karena tujuannya ingin mengkomersilkan buah seri. Dari sisi ekonomis, buah seri belum dimanfaatkan dengan baik. Diperjual belikan pun tidak, Jadi harapannya kedepan buah ini bisa dibudidayakan dan menjadi buah yg bernilai ekonomis buat kami,” tambahnya. (*)

 

Reporter : 
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : Istimewa

Konten Terkait

DWP Langkat Baksos di SDN Pulau Kampai

admin@prosumut

Lagi, Gubernur Lantik Asren Nasution Jadi Pj Bupati Pakpak Bharat

admin@prosumut

Pemprov Yakinkan Pedemo Soal Wisata Halal Danau Toba

admin@prosumut