Prosumut
Kesehatan

Ada 12 Pasien Positif Covid-19 Sergai Dinyatakan Sembuh

PROSUMUT – Sebayak 12 dari 16 pasien positif Covid-19 asal Serdang Bedagai (Sergai), sembuh. Sebelumnya, 4 orang terlebih dahulu dinyatakan sembuh oleh tim medis, menyusul 8 lagi setelahnya.

Adapun dari pasien tersebut, 8 diantaraya adalah AS dan NP warga Perbaungan, MG warga Dolokmerawan serta MRP, JRP, IH, DCP dan JS warga Seirampah.

Data itu disampaikan juru bicara (Jubir) GTPP Covid-19 Sergai, Akmal saat memberi keterangan pers diruang kerjanya kantor Dinas Kominfo Sergai kemarin.

Menurut Akmal, sebelumnya ke 8 orang ini menjalani isolasi di beberapa rumah sakit rujukan dan mendapat tindakan medis secara intensif.

Setelah itu, seluruhnya dinyatakan sembuh setelah dilakukan beberapa prosedur seperti PCR Test (Swab) selama dua kali secara berturut dalam waktu 14 hari dan hasilnya pun negatif terhadap ke 8 orang tersebut.

“Jadi ada 12 orang warga asal Sergai yang dinyatakan sembuh. Sebelumnya, 3 warga asal Dolok Masihul dan 1 warga asal Perbaungan, setelah itu menyusul ke 8 orang ini,” sebut Akmal.

Dari total 17 warga asal Sergai yang positif Covid-19, hanya tersisa 4 orang lagi yang masih menjalani proses perawatan yang tersebar ditiga Rumah sakit seperti di RSU GL Tobing Tanjungmorawa, RSUD Deliserdang dan RSAL Komang Makes Medan di Belawan. Sedangkan 1 orang meninggal dunia.

“Semoga dalam bebarapa hari waktu kedepan ke 4 orang ini dapat sembuh seperti pasien lainnya,” tutur Akmal.

Adapun angka dalam peningkatan kesembuhan ini katanya ada 2 hal. Pertama masyarakat bisa memahami jika Covid-19 bisa disembuhkan lewat penanganan medis.

Sehingga masyarakat jangan menganggap penyakit ini sebagai aib sehingga tidak mau melaporkan untuk mendapatkan pengobatan.

“Oleh karena itu masyarakat, jangan menutup-nutupi kondisi sipenderita, ini bisa sangat membahayakan diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar bahkan menjadi ancaman dalam cakupan yang lebih luas ke masyarakat,” bilang Akmal.

Akmal juga menghimbau kepada masyarakat agar menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, rajin mencuci tangan, jaga jarak dan hindari kerumunan orang.

“Selama 2 pekan ini Kabupaten Sergai tidak ada penambahan sampai hingga hari ini, belum ada warga Sergai yang dinyatakan positif Covid-19. Tentunya hal ini membawa berita baik untuk kita semua. Untuk itu mari kita berdoa bersama, agar tidak ada lagi warga Sergai yang terpapar Covid-19 sampai masa pandemi ini berakhir,” pungkas Akmal. (*)

 

Reporter : Bhatara Hsb
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Penularan Covid-19 di Sumut Melonjak Jadi 537 Orang

admin2@prosumut

Bertambah Terus, Positif Covid-19 di Sumut Sudah 225 Orang

admin2@prosumut

Anak Medan Denai Semprot Disinfektan, Siap Ubah Tong dan Ember Bekas Jadi Wastafel

admin2@prosumut