Prosumut
Tekno

Optimalkan Fitur WA, Cara Terpraktis Saat WFH

PROSUMUT.COM – Selama pandemi Covid-19, banyak perusahaan yang menerapkan WFH atau Work From Home.

Komunikasi menjadi salah satu kunci berlangsungnya WFH yang aman dan nyaman. Biar nggak miss koordinasi.

Nah, salah satu aplikasi yang jadi andalan saat WFH maupun urusan kerja di mana aja adalah Whatsapp. Well, Whatsapp itu aplikasi chat yang biasa aja tapi banyak orang pakai. Karena simpel, bisa kirim foto, video atau dokumen lainnya.

Tapi tenang kalau kamu udah sepakat buat koordinasi dengan atas atau rekan kerja selama WFH, berikut ini cara menoptimalkan aplikasi Whatsapp buat WFH.

Gunakan Bintang
Sering kan dapat chat yang detail dan penting tapi suka mager scroll nyari? Nah, coba maksimalkan fitur bintang bisa.

Caranya dengan mengeklik lama sebuah pesan. Guna tanda bintang ini untuk membantumu menemukan suatu chat atau dokumen.

Pesan dengan tanda bintang bisa ditemukan pada menu titik tiga vertikal dan pengguna bisa mengeklik pesan berbintang tersebut.

Pinned Chat
Kalau sedang diskusi di grup atau personal chat, mungkin pengen menyematkan obrolan. Kamu bisa mengeklik lama obrolan grup tanpa dibuka hingga terlihat ikon pin.

Nah, kamu bisa klik ikon tersebut. Ini berfungsi untuk menempatkan percakapan penting di posisi paling atas sehingga mudah ditemukan.

Matikan Notifikasi
Sering nggak, sih, dapat notification dari grup-grup tongkrongan yang nggak penting? Nah, kalau lagi jam kerja kamu bisa mematikan notifikasi dari grup atau personal chat yang kesannya spam.

Menonaktifkan notifikasi juga berguna agar kamu jadi lebih fokus kerja dan nggak gampang ke-distract. Apalagi kalau kamu lagi pakai WA desktop dan lagi presentasi jarak jauh. Notifikasi grup yang demen spamming bakalan ganggu, sih, kalau nggak dinonaktifkan.

Backup Data
WhatsApp sendiri mengklaim pesan dalam aplikasi sudah terenkripsi secara end-to-end. Dengan begitu, pesan, foto, video, pesan suara, dokumen, pembaruan status, dan panggilan hanya dapat diakses oleh pengguna dan yang dihubungi.

Untuk itu, backup datamu secara berkala, ya. Saat sudah terlalu penuh biasanya akan ada notifikasi untuk backup data Whatsapp secara otomatis.

Maksimalkan Group Call
Buat meeting group kantor yang terbilang kecil, kamu juga bisa menggunakan Whatsapp Group Call, lho. Pada update terbaru, WhatsApp bisa digunakan untuk panggilan video delapan orang secara bersamaan.

Cara ini efektif membantu kalian yang sedang WFH atau sekadar silaturahmi dengan temen nongkrong.

Jadi begitulah cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan penggunaan WhatsApp saat bekerja di rumah.

Mudah-mudahan bisa bikin koordinasimu dengan temen kerja jadi tambah lancar. selamat mencoba! (*)

Sumber : Kurio
Editpr : Val Vasco Venedict

Konten Terkait

Mau Tahu Rumor Samsung Galaxy Note 10? Baca Artikel ini…

Val Vasco Venedict

Telkomsel Sukses Uji Coba 5G di Batam

valdesz

3 Aplikasi Untuk Belajar Matematika Terbaik 2019 | Auto Paham!

Ridwan Syamsuri