Prosumut
Pemerintahan

Akhyar Minta Masukan Akademisi UHN Medan

PROSUMUT – Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution beserta rombongan dari Pemko berkunjung ke Universitas HKBP Nommensen yang berada di Jalan Sutomo Nomor 4A Medan, Senin 15 Juni 2020. Kunjungan Akhyar dan rombongan ini dalam rangka meminta masukkan dalam menghadapi New Normal Life di Kota Medan.

Kedatangan mereka disambut hangat Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan Dr Haposan Siallagan bersama WR I Dr Richard AM Napitupulu, WR II Drs Rusliaman Siahaan, WR III Dr Ir Sindak Hutauruk, WR IV Samse Pandiangan PhD, Pengurus dan Pengawas Yayasan UHN Medan serta Para Dekan Fakultas.

Dalam menjalankan adaptasi kebiasaan baru tersebut diperlukan kewaspadaan dan kesigapan dari ancaman penyebaran Covid-19 gelombang kedua. Pasalnya, area kampus menjadi salah satu objek tempat orang berkerumun.

Adaptasi kebiasaan baru di sektor pendidikan harus dimaknai sebagai era baru sehingga tidak hanya hal-hal teknis yang perlu diatur, tetapi yang lebih penting adalah cara pandang dan perilaku yang baru yang pada akhirnya menjadi budaya baru.

BACA JUGA:  Dubes AS dan Mendag Zulhas Sepakat Pererat Hubungan Ekonomi

Pada masa tanggap darurat kesehatan nasional akibat Covid 19, UHN Medan telah melakukan langkah-langkah. Seperti selalu menerapkan protokol kesehatan tetap dengan sangat ketat seperti pemeriksaan suhu tubuh, menyediakan bilik disinfektan, menyediakan sarana untuk mencuci tangan di halaman kampus dan menyediakan hand sanitizer dan sabun cair di setiap unit kerja, menggunakan masker serta menjaga jarak minimal 1.5 meter.

Melaksanakan perkuliahan secara online mulai 17 Maret 2020 sampai dengan akhir Semester Ganjil T.A 2019/2020 serta melaksanakan work from home bagi seluruh dosen dalam melakukan perkuliahan dan bimbingan.

Rektor menjelaskan, UHN Medan sangat siap untuk menghadapi New Normal atau normal baru ini. “Untuk menyambut New Normal Life, UHN Medan bersiap melaksanakan perkuliahan dengan system Blended Learning yaitu 50 persen tatap muka dan 50 persen secara online. Tetap mengacu kepada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 7 Tahun 2020 Pasal 43. Melakukan Penyaringan Mahasiswa Baru secara online dan gratis (sesuai syarat dan ketentuan), tetap melaksanakan protocol kesehatan. Perkuliahan tatap muka dilaksanakan dengan jumlah peserta 50 persen untuk setiap kelas dan meningkatkan kesiapan dan kemampuan klinik mahasiswa UHN Medan,” ucapnya.

BACA JUGA:  Patung Pahlawan Nasional Letjen Jamin Ginting Diresmikan

Sementara itu, Plt Walikota Medan mengatakan, kunjungan bersama tim dari Pemko bukan dalam hal melihat kesiapan kampus Nommensen. Namun, lebih kepada meminta saran dan masukan untuk Pemko Medan yang akan dijadikan sebagai dasar untuk mengambil kebijakan untuk mempersiapkan New Normal Life di Kota Medan.

BACA JUGA:  Dubes AS dan Mendag Zulhas Sepakat Pererat Hubungan Ekonomi

“Apalagi sekarang, efisiensi penularan berada di daerah yang padat penduduk. Kurangnya keperdulian masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan yang dianjurkan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak, dapat meningkatkan resiko bertambahnya jumlah pasien yang terpapar Covid 19. Pada kesempatan ini, kami mohon bantuan dari bapak ibu sekalian. Kami datang ke dunia kampus untuk meminta masukkan yang lebih bersifat pengetahuan perihal langkah-langkah apa yang bisa kami lakukan untuk meminimalisir perkembangan covid 19 ini, karena kami juga memiliki keterbatasan,” ucapnya.

Akhir acara Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan memberikan kenang-kenangan berupa cendramata kepada Plt Walikota Medan dan ditutup dengan mengabadikan kebersamaan dalam bentuk foto bersama. (*)

 

Reporter : Muhammad Akbar
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            :

Konten Terkait

DPR Sahkan RUU Keamanan dan Ketahanan Siber

Editor prosumut.com

HUT 270 Tahun Langkat, 2 Penggali Kubur Berangkat Haji, 6 Bilal Mayit Umroh

Editor prosumut.com

Optimis Capai Target PKB 2019, BP2RD Sumut Rencanakan Ini di 2020

Editor prosumut.com