Prosumut
Kesehatan

PDP Asahan Meninggal di Medan, Pemulasaran Standar Covid-19

PROSUMUT – Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19, ML (36) warga Dusun V Desa Hutarao, Kecamatan Bandarpulau, Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara, meningggal dunia dan dikebumikan dengan standar prosedur pemakaman Covid-19 di Medan.

Hal itu dikatakan juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar, Kamis sore 4 Juni 2020 di Kisaran.

“Sesuai data dan informasi yang diperoleh ML, warga Desa Hutarao dirawat dan masuk ruang isolasi Rumah Sakit HAMS Kisaran pada 2 Juni 2020 kemarin. Dan keesokkan harinya 3 Juni 2020, ML langsung dirujuk ke RS Bunda Thamrin Medan,” ujar Rahmat.

BACA JUGA:  IDI Sumut Ingatkan Mobilitas Warga Harus Diawasi dengan Baik

Setelah ditangani di RS Bunda Thamrin Medan,  pada Kamis 4 Juni 2020 sekitar pukul 03.00 WIB dinihari, ML meninggal dunia. Meskipun begitu, uji Swab atau PCR belum sempat dilakukan kepada pasien dimaksud.

Rahmat menjelaskan bahwa sebelum meninggal dunia, ML sempat dinyatakan mengalami keluhan penyakit Hypotensi+Hypoglikemi. Hal tersebut sesuai dengan surat keterangan dari dokter RS Bunda Thamrin Medan yang ditandatangani dr Nikite Pratama.

BACA JUGA:  IDI Sumut Ingatkan Mobilitas Warga Harus Diawasi dengan Baik

Bahwa ML pasien dalam status PDP. Dan  jenazahnya telah dimakamkan di Medan dengan menggunakan prosedur standar penanganan Covid-19.

Kemudian menurut Rahmat, tim GTPP Covid-19 Asahan segera akan melakukan sterilisasi terhadap keluarga almarhumah maupun mereka yang sempat kontak dengan ML.

Hal itu dilakukan  untuk menghindari dan memastikan bahwa  keluarga almarhumah ML semuanya dalam kondisi baik dari penyebaran wabah Covid-19.

“Meskipun status ML adalah PDP, namun tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan akan melakukan pemeriksan kesehatan terhadap keluarga maupun orang yang pernah melakukan Kontak dengan ML,” terang Rahmat.

BACA JUGA:  IDI Sumut Ingatkan Mobilitas Warga Harus Diawasi dengan Baik

Diakhir penyampaianya Rahmat Hidayat kembali mengimbau warga untuk menghindari keramaian, selalu jaga jarak, mencuci tangan dengan sabun atau cairan pencuci tangan instan, serta terpenting tetap menggunakan masker agar terhindar dari wabah penyebaran Covid- 19. (*)

 

Reporter : Nikmatullah Johari
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            :

Konten Terkait

Kenali Apa Itu OTG, ODP dan PDP Virus Korona

admin2@prosumut

Positif Covid-19 Sumut Nyaris Tembus 17.000 Orang

Editor Prosumut.com

Peserta PBI Diproyeksikan Menerima Vaksin Covid-19, Jumlahnya 96,4 Juta

Editor Prosumut.com