Prosumut
Pemerintahan

BNPB Kunker ke GTPP Covid-19 Asahan, Evaluasi dan Motivasi

PROSUMUT – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Asahan dalam rangka evaluasi, di Sekretariat, Kamis 28 Mei 2020.

Kesempatan ini Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan H. Surya mengucapkan selamat datang kepada LO BNPB dalam rangka kunker untuk melihat langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Gugus Tugas Covid-19 Asahan.

“Dalam mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19 di Kabupaten Asahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan telah melakukan penyemprotan disinfektan di tempat layanan publik, tempat ibadah dan tempat-tempat yang menjadi lokasi kerumunan masa,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Mendag Lutfi Gelar Pertemuan Khusus Menteri Ekonomi ASEAN di Bali

Selain itu Surya juga memberikan imbauan kepada masyarakat Kabupaten Asahan untuk menerapkan Pola Hidup Sehat (PHBS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sesudah dan sebelum melakukan aktivitas, menggunakan masker dalam setiap melakukan aktivitas dan menghindari tempat-tempat yang menjadi lokasi kerumunan massa.

Selanjutnya (GTPP) Covid-19 Kabupaten Asahan juga membentuk tim yang sama di setiap puskesmas dan desa/kelurahan yang mana berfungsi untuk memantau setiap warganya yang telah pulang dari daerah yang menjadi zona merah wabah Covid-19 serta menyiapkan sarana dan prasarana, termasuk rumah sakit (RS) rujukan yakni RSU HAMS Kisaran.

BACA JUGA:  Mendag Lutfi Gelar Pertemuan Khusus Menteri Ekonomi ASEAN di Bali

“Kami juga telah memiliki tempat karantina bagi para TKI yang pulang ke Kabupaten Asahan yakni Kolam Renang Pemkab Asahan dan kami melayani mereka dengan baik,” Surya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan monitoring ketersediaan bahan sembako yang ada dibeberapa tempat untuk melihat kecukupan. Nantinya akan diperuntukan oleh masyarakat dalam menghadapi wabah Covid-19.

Menutup sambutannya, Ketua GTPP Covid-19 Asahan itu meyakinkan bahwa Pemkab bersama unsur Forkopimda menjalankan tugas sesuai tupoksinya masing-masing.

Sementara LO BNPB RI Mayjen TNI Purn Darlan Harahap pada bimbingan arahan mengapresiasi GTPP Covid-19 Asahan dalam melakukan pencegahan wabah Covid-19.

“Saya sepakat dengan apa yang dilakukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan dalam mengantisipasi penyebaran serta memutus mata rantai wabah Covid-19 ini, karena sudah sesuai dengan harapan Pemerintah Pusat,” ungkap Darlan.

BACA JUGA:  Mendag Lutfi Gelar Pertemuan Khusus Menteri Ekonomi ASEAN di Bali

Dirinya berharap GTPP Covid-19 Asahan jangan pernah ada rasa putus asa dan bosan mengimbau masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan. Begitu juga pemberian bantuan kepada warga yang terdampak, harus merata dan menyeluruh.

Hadir dalam kunker tersebut unsur Forkopimda Asahan serta para pejabat Pemkab Asahan. Pertemuan diakhiri penyerahan cinderamata kepada LO BNPB. (*)

 

Reporter : Nikmatullah Johari
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            :

Konten Terkait

Bupati Asahan Resmikan Masjid At-Taqwa di Kecamatan Buntupane

Editor Prosumut.com

Pemko Medan Sosialisasikan Sistim Monitoring Anggaran

Editor prosumut.com

Bapenda Hapus Sanksi Adm PBB-P2 di HUT ke 16 Sergai

Editor prosumut.com