Prosumut
Kesehatan

Positif Covid-19, Warga Batubara tak Masuk Data Gugus Tugas

PROSUMUT – Seorang warga Kabupaten Batubara, AF (36) dinyatakan positif Covid-19 oleh tim kesehatan. Namun namanya tidak masuk dalam data penularan di Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Batubara, Wahid Khusyairi kepada wartawan, Kamis 28 Mei 2020 terkait perkembangan terbaru penyebaran virus Korona (Covid-19) di kabupten itu.

Menurutnya, berdasarkan keterangan dari RS USU, warga yang beralamat di Jalan Rakyat Nomor 146 Lingkungan VIII Tanjungtiram, Batubara Sumatera Utara itu dinyatakan positif Covid-19 melalui uji swab 22 Mei 2020.

Namun setelah ditelusuri, ternyata yang bersangkutan sudah lama merantau ke Kota Medan dan tidak tinggal di tempat asalnya.

Pun begitu lanjutnya, GTPP Covid-19 Sumut mengumumkan adanya data kasus penularan virus Korona di 33 kabupaten/kota pada Rabu 27 Mei 2020, dimana satu diantaranya berasal dari Batubara.

“Selama ini tidak ada penyelidikan epidemiologi (EP) dari Dinas Kesehatan Kabupaten Barubata. Baik dia ODP, PDP, ataupun OTG dengan riwayat perjalanan lain,” sebut Wwahid.

Karena itu lanjut Wahid, pihaknya mencari tahu kepastian yang bersangkutan melalui keluarga, pemerintah desa dan bidan setempat. Hasilnya diketahui bahwa AF sudah lama berdomisili di Kota Medan dengan berpindah-pindah, namun tetap terdata sebagai penduduk Kabupaten Batubara.

“Dari kesimpulan yang kami peroleh bahwa yang bersangkutan memiliki KTP Kabupaten Batubara tetapi tidak berdomisili di sini. Maka kasus Positif Covid-19 tersebut tidak bisa ditempatkan sebagai kasus di Kabupaten Batubara,” kata Wahid.

Untuk itu pihaknya meminta agar GTPP Covid-19 Sumut untuk menghapus data kasus penyebaran Covid-19 dari Kabupaten Batubara. (*)

Reporter : Rahman
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            :

Konten Terkait

Inilah Prof Kusnandi Rusmil, Sosok Pahlawan Kesehatan Indonesia

valdesz

Data Terbaru Covid-19 Sumut, 19 Daerah Sumbang Kasus Positif

Editor Prosumut.com

Diserang Difteri, Anak Ini Disebut tak Imunisasi

Editor prosumut.com