Prosumut
Kesehatan

Pasien Positif Covid-19 Bertambah Jadi 141 Orang

PROSUMUT – Satu hari sebelumnya jumlah pasien positif Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut) tercatat ada 130 orang. Hari ini bertambah menjadi 141 orang.

Hal ini disampaikan dalam update terbaru data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut. Dikatakan Jubir GTPP Covid-19 Sumut, dr Aris Yudhariansyah bahwa penyebaran Covid-19 ini bukan hanya persoalan kesehatan semata karena begitu masif penyebarannya.

Lanjut Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut ini, data penyebaran positif Covid-19 di Sumut kian meningkat hari ke hari. Penambahan inilah yang pada akhirnya memunculkan kecemasan di masyarakat. Hal itu memunculkan stigma negatif pada pasien maupun orang-orang risiko tinggi terpapar Covid-19 seperti dokter, perawat bahkan pengemudi ojek online.

BACA JUGA:  Medan Minta Jatah Tambahan Vaksin Covid-19

“Jumlah data di hari ini untuk jumlah pasien positif Covid-19 bertambah 11 orang dari 130 menjadi 141 orang. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 151 orang. Pasien sembuh 43 orang. Pasien meninggal ada 16 orang. Sedangkan Orang Dengan Pantauan (ODP) berjumlah 1.886 orang,” katanya dalam siaran langsung mengenai perkembangan penyebaran Covid-19 di youtube, Rabu 6 Mei 2020.

BACA JUGA:  Sumut Terima 253.500 Dosis Vaksin Covid-19

Ditambahkan dr Aris, penyebaran Covid-19 ini juga menimbulkan persoalan lain pada aspek kehidupan masyarakat seperti persoalan politik, ekonomi, keamanan, sosial dan bahkan budaya.

Bahkan sambungnya, tanpa disadari perubahan pada berbagai aspek tersebut turut mengubah perilaku masyarakat dunia. Termasuk hal ini cara pandang sesama manusia juga terjadi di Sumut yang terdampak Covid-19.

“Untuk itu, mari kita berpartisipasi secara aktif dalam penanganan Covid-19. Mari kita putuskan penyebaran Covid-19. Hargai dan bantu mereka yang melakukan isolasi mandiri dan jangan mendiskriminasi pasien yang sudah sembuh. Mari kita hargai mereka yang telah menjadi garda terdepan dalam melayani penderita Covid-19. Kita berkomitmen dengan social distancing mana bulan Juni dan Juli keadaan bisa lebih baik lagi dari sekarang. Sumut pasti bisa lebih baik dari sekarang,” pungkasnya. (*)

BACA JUGA:  Medan Minta Jatah Tambahan Vaksin Covid-19

 

Reporter : Nastasia
Editor        : Iqbal Hrp
Foto            : 

Konten Terkait

Prof. Hasbullah: Jangan Ceroboh dan Jangan Terkecoh

Pro Sumut

Kabar Positif Covid-19 Bertambah, Ini Kata Dinkes Batubara

admin2@prosumut

Pertemuan Ilmiah Perdoski Rekomendasi Majukan Kesehatan

Editor prosumut.com