Prosumut
Tekno

Video Call 8 Orang di WA Grup Sudah Bisa, Begini Caranya!

PROSUMUT -Peningkatan fitur video call yang dinanti oleh penguna WhatsApp akhirnya datang juga. Mulai Rabu 29 April 2020, pengguna WhatsApp di Indonesia sudah bisa menggunakan fitur panggilan suara atau video call grup sampai delapan orang.

WhatsApp mengatakan, fitur ini sudah diluncurkan bagi semua penggunanya, baik di smartphone Android maupun iPhone di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tingginya penggunaan video call grup saat pandemi virus corona menjadi alasan WhatsApp meningkatkan kemampuan panggilan suaranya.

“Dalam satu bulan, rata-rata pengguna WhatsApp berbicara melalui panggilan WhatsApp selama lebih dari 15 miliar menit dalam sehari, melampaui hari-hari di masa sebelum pandemi,” kata juru bicara WhatsApp dalam keterangannya, Rabu 29 April 2020.

Panggilan suara atau video grup menampung hingga delapan partisipan. Fitur bisa dilakukan kapan saja dan di mana pun pengguna berada.

WhatsApp menjamin video call grup di dalam aplikasinya juga selalu terenkripsi dan aman digunakan. Selain itu, perusahaan telah merancang panggilan videonya di seluruh dunia agar dapat berfungsi dengan baik dalam kondisi jaringan yang berbeda.

Untuk menggunakan fitur video call group cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya.

Pastikan aplikasi WhatsApp pada ponsel yang kamu pakai adalah versi terbaru. Kalau belum, update dahulu aplikasi WhatsApp-mu.

Selanjutnya, pengguna bisa melakukan panggilan suara atau video kepada seseorang. Pilih satu temanmu untuk video call sebelum mengundang partisipan lainnya.

Kemudian, jika panggilan pertama sudah tersambung, maka akan muncul logo “tambahkan peserta” di sudut kanan atas layar untuk menambahkan lebih banyak partisipan ke dalam panggilan video tersebut, yang maksimal delapan orang.

Ada cara mudah untuk melakukan video call untuk anggota satu grup. Misalnya, sebuah grup WhatsApp memiliki empat anggota atau kurang, maka ketika membuat panggilan bisa secara otomatis bersamaan.

Namun, jika satu grup memiliki jumlah pengguna lebih dari empat anggota, maka pengguna harus menambahkan jumlah partisipan satu per satu hingga mencapai delapan orang maksimal.

Walaupun video call grup WhatsApp sudah sanggup menampung delapan orang, namun jumlah partisipan itu masih kalah dengan kompetitor lain.

Google Duo, misalnya, aplikasi pesan instan ini sudah menambah kapasitas maksimal partisipan video call group dari delapan menjadi 12 orang. (*)

Sumber : Kumparan
Editor : Val Vasco Venedict
Foto : Net

Konten Terkait

#AgnezMo, Tagar Paling Populer di Twitter 2019

valdesz

Pendiri LINE Jungho Shin Dijadikan Co-CEO

Val Vasco Venedict

Jurnalis Perempuan asal Sumut Ini Masuk Google Doodle, Seperti Apa Kiprahnya?

valdesz