Prosumut
Kuliner

Inilah 5 Jenis Kurma Pilihan Buat Menu Berbuka

PROSUMUT – Buah kurma sering menjadi pilihan untuk menu berbuka puasa bagi sebagian besar umat Muslim di bulan Ramadan.

Berbuka puasa, dianjurkan dengan yang manis-manis, dan kurma mengandung gula alami, yang cocok untuk menjadi teman berbuka puasa.

Kurma juga mengandung nutrisi yang padat seperti kalium, vitamin B6, niasin, serat, dan zat besi. Kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama saat dikonsumsi untuk berbuka puasa.

Umumnya, dalam satu kurma mengandung 70-80 persen gula yang dapat mengontrol gula darah, melancarkan pencernaan, hingga menyiapkan perut Anda untuk mengonsumsi makanan lain.

Buah kurma juga banyak jenisnya. Berikut ragam jenis kurma dan ciri khasnya, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa 28 April 2020.

Kurma Medjool
Kurma satu ini manis dan lembut, kaya akan tekstur juga serat. Ciri kurma medjool adalah memiliki warna kuning kecokelatan dan agak merah, yang berukuran besar. Kurma ini biasa ditanam di daratan Maroko, Palestina, Yordania, dan Arab Saudi.

Kurma Piarom
Kurma piarom memiliki kulit tipis gelap dan melekat pada dagingnya. Rasa kurma piarom ada sensasi toffee dan karamel. Umumnya, kurma ini cenderung lebih kering dan berwarna cokelat gelap hingga hitam. Karena tingkat fruktosa yang tinggi, kurma piarom cocok untuk penderita diabetes dan yang memiliki tekanan darah tinggi.

Kurma Mazafati
Kurma ini memiliki 15 persen hingga 35 persen kelembapan dengan rasa karamel dan cokelat lembut alami. Kurma mazafati penampilan lembut dengan warna coklat gelap. Kurma yang satu ini sarat dengan vitamin, serat, dan kalium.

Kurma Rabbi
Kurma rabbi memiliki kulit tipis, tekstur lembut dan memiliki rasa terbaik di antara kurma lain. Kurma ini semi-kering, panjang, berbentuk oval dengan warna hitam kemerahan. Kurma rabbi ini salah satu kurma tertua dan paling lezat yang dibudidayakan di Iranshahr, Zabul, Chabahar, dan kota-kota lain di Sistan Baluchistan, Iran.

Kurma Halawy
Kurma Halawy mempunyai rasa yang lembut dan manis seperti karamel. Kurma ini biasanya berwarna keemasan, yang lebih terang daripada kurma lain. Varietas kurma halawy berasal dari Mesopotamia, dan namanya secara harfiah berarti ‘manis’ dalam bahasa Arab. (*)


Sumber : iNews
Editor : Val Vasco Venedict
Foto :

Konten Terkait

Secangkir Rp12,8 Juta, Beginilah Nikmatnya Kopi Termahal di Dunia!

valdesz

Cara Gampang Membuat Kolak Durian yang Lezat di Rumah

admin@prosumut

Resep Sayap Ayam Saus Madu yang Lezat dan Praktis

admin@prosumut