Prosumut

Penyebaran Virus Corona Terus Meningkat, IDI Medan Desak Karantina Wilayah

Kesehatan

PROSUMUT – Penyebaran virus corona di Sumatera Utara (Sumut) terus mengalami peningkatan. Setiap harinya, baik jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 di Sumut terus meningkat.

Berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Sumut 26 Maret 2020, tercatat jumlah PDP menjadi 71 orang. Jumlah PDP ini meningkat 16 orang atau 22,5 persen dari hari sebelumnya, Rabu 25 Maret 2020, sebanyak 55 orang.

Bahkan, jumlah ODP melonjak drastis menjadi 3.080 orang. Jumlah ODP ini meningkat 1.104 orang (35,8 persen) dibandingkan hari sebelumnya sebanyak 1.976 orang. Sedangkan untuk jumlah orang yang positif dan negaitf Covid-19 masih tetap 9 orang.

“Pemerintah daerah diminta memberlakukan sistem karantina wilayah. Sekarang ini sudah kebobolan, virus sudah masuk,” kata Ketua IDI Medan, dr Wijaya Juwarna, Jumat 27 Maret 2020.

Dijelaskan dia, langkah yang harus dilakukan dalam penanganan virus ini dengan melakukan karantina wilayah di setiap kecamatan. Mengingat, warga yang terpapar terus bertambah dan sudah ada yang meninggal dunia.

“Bukan sebatas karantina, tapi juga dibangun tempat cairan disinfektan di setiap kecamatan, kelurahan dan kalau perlu lingkungan. Jadi, masyarakat bisa menggunakannya karena virus ini dan kondisinya sangat mengkhawatirkan,” ucap Wijaya.

Ia menuturkan, sistem karantina tersebut juga diterapkan di Bandara Kualananamu Internasional. Mengingat, tempat tersebut keluar masuknya orang dan barang.

“Virus ini (Corona) kan menempel dipakaian dan udara lembab. Apalagi, banyak sekarang ini warga yang terpapar virus corona tapi tidak menunjukkan gejala yang semestinya,” tukas dia. (*)

Reporter: Rayyan Tarigan
Editor: Iqbal Hrp

Konten Terkait

Bersama Muspika Perbaungan, Anggota DPRD Sergai Disinfektan Fasum

admin2@prosumut

Positif Covid-19 di Sumut Bertambah Jadi Dua

admin2@prosumut

Kualitas Udara Medan Tak Sehat, Puskesmas Disiagakan

admin@prosumut