Prosumut

Data Terbaru Covid-19 di Sumut, 71 PDP dan 3.080 ODP

Kesehatan

PROSUMUT – Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) virus corona (Covid-19) di Sumut terus mengalami peningkatan, hingga Kamis sore 26 Maret 2020.

Namun demikian, untuk jumlah pasien positif Covid-19 masih sama dengan hari sebelumnya sebanyak 9 orang. Begitu juga pasien yang negatif dan sembuh, 9 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumut, dr Aris Yudhariansyah menyebutkan, PDP menjadi 71 orang atau naik 16 orang (22,5 persen) dari hari sebelumnya yang hanya 55 orang.

Pertambahan signifikan terjadi untuk ODP yang naik 1.104 (35,8 persen) menjadi 3.080 orang. Padahal, sebelumnya pada Rabu 25 Maret 2020, jumlahnya hanya 1.976 orang.

“PDP tersebar di 5 kabupaten/kota. Sedangkan untuk sebaran ODP terbesar adalah di Kabupaten Deli Serdang, disusul oleh Kota Medan,” kata Aris dalam konferensi pers, Kamis sore.

Aris menyatakan, dalam upaya pencegahan Covid-19 diminta masyarakat agar tetap menjaga diri untuk tidak di luar rumah.

Apabila merasa tidak enak badan dengan gejala flu, batuk, atau demam, maka diharapkan agar segera ke fasilitas kesehatan untuk bisa berkonsultasi.

“Gunakan masker saat batuk atau tidak sehat, sehingga droplet tidak menyebar kemana-mana. Disarankan untuk tetap berada di rumah,” sebutnya.

Ditambahkan Aris, saat ini pihaknya tengah berkonsultasi dengan pihak hukum bagaimana caranya diperbolehkan dan aman dibuka data ODP Covid-19 di Sumut.

“Tujuannya agar para OPD bisa menjalani karantina dirinya sendiri secara sukarela,” pungkas dia. (*)

Reporter: Rayyan Tarigan
Editor: Iqbal Hrp

Konten Terkait

Satu Lagi Warga Medan Meninggal Diduga Terpapar Covid-19

admin2@prosumut

Cegah Penyebaran Covid-19, Satlantas Polrestabes Medan Bersih-bersih

admin2@prosumut

Berbahaya Bagi Kesehatan, BPOM Instruksikan Tarik Peredaran Obat Ranitidin

admin@prosumut