Prosumut

Sekdako Tebingtinggi Soal Covid-19: Pencegahan Dari Diri Kita Sendiri

Pemerintahan

PROSUMUT – Pemutusan mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19) dapat kita mulai dari diri sendiri. Hal itu disampaikan Sekdako Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi, Rabu siang 25 Maret 2020 disela penyemprotan disinfektan pada fasilitas umum.

Sekda yang juga bertindak sebagai Ketua Gugus Tim Tugas Penanganan Covid-19 Tebingtinggi, didampingi oleh gugus tugas lainnya yaitu Kadis Kesehatan dr Nanang Fitra Aulia, Kadis Kominfo Dedi Siagian, Kepala BPBD Wahid Sitorus, Koramil 13 Tebingtinggi serta Satpol PP dan jajaran petugas medis dinas kesehatan.

Penyemprotan dilakukan di beberapa tempat seperti Pasar Gambir, Pasar Kain, Pasar Hongkong, Pasar Inpres, Masjid Agung dan Masjid Raya. Fasilitas umum tersebut adalah prioritas dari pemerintah Kota Tebingtinggi.

“Namun untuk pencegahan, dibalik dari segala upaya yang dilakukan pemerintah, kembali lagi ke diri kita sendiri. Untuk itu kita harus sadar perlunya pencegahan dari diri kita sendiri, dengan tidak bepergian keluar rumah jika tidak penting, tidak membuat dan mendatangi tempat-tempat keramaian, serta selalu menjaga kebersihan diri, keluarga dan lingkungan,” ujar Dimiyathi.

Sementara menanggapi adanya isu yang mengatakan jika pasar akan ditutup, hal tersebut ditegaskan Sekdako adalah berita bohing dan tidak benar.

“Pasar tidak ditutup, namun masyarakat dihimbau apa bila ke pasar untuk menjaga jarak perseorangan, tidak berbondong-bondong serta tidak melakukan pembelian barang yang berlebihan”, jelasnya.

Dimiyathi juga berpesan kepada masyarakat untuk tidak terhasut oleh berbagai berita-berita hoax atau berita palsu yang dapat menimbulkan kepanikan.

Melalui juru bicara Penanganan Covid-19 Tebingtinggi dr Nanang Fitra Aulia, Pemko menginformasikan saat ini Dinkes Tebingtinggi tengah memonitoring kesehatan warga yang baru pulang bepergian dari negara atau daerah yang terjangkit Covid-19.

Jumlahnya ada 93 orang, dengan rincian 9 orang telah selesai masa monitoring (14 hari terhitung kepulangan) sedangkan 84 orang lainnya, Orang Tanpa Gejala (OTG) yang juga dalam kondisi baik dan sehat.

Setelah dilakukan pemeriksaan, tidak ditemukan adanya gejala seperti demam, batuk, flu serta gangguan penyakit infeksi saluran pernafasan. Maka hingga Rabu 25 Maret 2020, Dinas Kesehatan melaporkan jika Kota Tebingtinggi negatif Covid-19. (*)

Reporter: Ronald Pasaribu
Editor: Iqbal Hrp

Konten Terkait

Ormas di Langkat Diminta Segera Mendaftar

admin@prosumut

Kadis PUPR Langkat Hadiri Binter Terpadu di Batang Serangan

admin@prosumut

DBH Triwulan I-2019 Pemko Medan Belum Dibayarkan

Ridwan Syamsuri