Prosumut
Pemerintahan

Bupati Labuhanbatu Buka MTQH dan FSQ, Jadi Barometer Nilai Keagamaan

PROSUMUT – Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an Hadist) Ke-49 dan FSQ (Festival Seni Qasidah) Ke-34 tingkat kabupaten Tahun 2020 selama 3-7 Maret 2020 di Desa Gunung Selamat Bilah Hulu, Selasa malam 3 Maret 2020.

Dalam sambutannya, Andi menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan MTQH dan FSQ ini diharapkan tidak hanya sekadar bermakna sebagai peneguhan syiar Islam saja, tetapi lebih jauh dari itu.

“Diharapkan menjadi barometer untuk mengukur hasil dari kegiatan pembelajaran dan pembinaan terhadap nilai nilai ritual keagamaan dan seni budaya yang islami dengan sekaligus mempererat tali silaturahmi kita,” ujar Bupati didampingi Ketua TP PKK Labuhanbatu Rosmanidar Andi Suhaimi.

Dirinya juga berharap dari MTQH tersebut, dapat menghasilkan pemahaman dan pengamalan secara baik dan benar terhadap nilai yang terkandung dalam Alquran.

“Karena dengan pemahaman seperti ini, Insha Allah akan melahirkan manusia yang qur’ani dan islami di tengah masyarakat,” sebutnya.

Dalam MTQH ini lanjutnya, tidak hanya sebatas membaca dengan baik dan benar, ataupun penampilan suara dan busana

“Akan tetapi mampu mengingatkan kita agar senantiasa meningkatkan semangat untuk memahami serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Kesempatan itu, Ketua DPRD Labuhanbatu Hj Meika Riyani Siregar mengatakan bahwa Alquran adalah kitab suci yang penuh inspirasi dan motivasi. Agar umat manusia memperluas wawasan dalam ilmu pengetahuan dan akhlakul karimah.

Senada disampaikan Kepala Kantor Kemenag Labuhanbatu H Safiruddin. Selain syiar, MTQH juga menambah pemahama kemampuan generasi muda menggali nilai agama.

“Terima kasih karena setiap tahun pelaksanaan MTQH dan FSQ semakin meningkat dengan baik,” katanya.

Sementara Ketua LPTQ Labuhanbatu, H Khairul Dalimunthe dalam laporannya menyampaikan, cabang yang diperlombakan diantaranya tilawah Al-Qur’an (8 golongan), hifzil Qur’an (5 golongan), tafsir Qur’an (3 golongan), fahmil Qur’an (1 grup 3 orang), syahril Qur’an, karya tulis Qur’an, musabaqoh hadist (100 hadist dengan sarat dan 500 hadist tampa sarat).

Selanjutnya, untuk FSQ adalah tingkat remaja putra/putri, vokalis anak-anak, remaja, dewasa putra/putri.

Terimakasih kepada Bupati yang telah memberikan hadiah umrah kepada pemenang qori/qori’ah, hafidz/hafidzoh, dan seni qasidah sebanyak 10 orang.

Kepada pemenang lomba/juara nantinya akan mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan di Kota Tebing Tinggi dari tanggal 1 s/d 9 April 2020 mendatang. (*)

Konten Terkait

Pemkab Sergai Raih Opini WTP Kedua Kalinya

Ridwan Syamsuri

Banyak Warga Medan Belum Dapatkan Akses Air Bersih

admin@prosumut

Lagi, Edy Rahmayadi Rotasi Pejabat

admin@prosumut