Prosumut

Pengurus Asosiasi YPI Sumut Dilantik, Bangun Pendidikan Islam Lebih Maju

Pendidikan

PROSUMUT – Pengurus Asosiasi Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Sumatera Utara  (Sumut) Periode 2020-2025 dilantik di Hotel Grand Aston Medan, Sabtu 15 Februari 2020. Pelantikan dipimpin langsung Ketua Umum (Ketum) Asosiasi YPI Pusat H Mirdas Eka Yora Lc MSi.

Pengurus Asosiasi YPI Sumut Periode 2020-2025 yang dilantik adalah Dr Drs H Mhd Syafii SH MH MSi (Ketua Umum), Dr Muhammad Jusuf (Ketua Harian), Drs H Dedi Masri Lc MA (Sekretaris Umum), H EM Haris SH MHum (Bendahara Umum), dan lainnya.

Hadir dalam acara pelantikan Gubernur Sumut H Edy Rahmayadi, alim ulama yaitu KH Amiruddin MS, Prof Hasballah Thayib, Prof H M Hatta, KH Zulfikar Hajar.

Kemudian, organisasi masyarakat (ormas) Islam dan ormas lainnya, berbagai yayasan pendidikan Islam, PTN, PTS, tokoh-tokoh di Sumut maupun Medan serta instansi terkait.

Ketua Umum Asosiasi YPI Sumut Mhd Syafii mengatakan, hadirnya organisasi ini memberikan peluang bagi lembaga pendidikan Islam khususnya di Sumut untuk berkolaborasi dan bersinergi di tingkat nasional maupun internasional.

Hal ini bertujuan tak lain, untuk membangun pendidikan Islam di Sumut yang lebih maju lagi.

“Organisasi ini menghimpun untuk mengambil posisi perkembangan di Indonesia. Jangan sampai lembaga pendidikan Islam di Indonesia tertinggal dengan negara-negara lain,” ujar Syafii.

Sebagai langkah awal, kata Syafii, pihaknya akan melakukan studi banding atau workshop ke negara-negara Asia dan Eropa.

Kenapa di Asia dan Eropa, karena banyak negara di sana lebih maju. Selain itu, hal ini guna mendukung visi dan misi ‘Sumut Bermartabat’.

“Studi banding yang akan dilakukan bertujuan ingin menghasilkan model pendidikan yang lebih baik, sehingga bisa diterapkan di Sumut. Namun demikian, kita mengharapkan dukungan gubernur Sumut dan walikota Medan,” tutur Syafii.

Menurutnya, dengan dilantiknya kepengurusan organisasi ini, maka yayasan pendidikan Islam di Sumut memiliki wadah untuk meningkatkan kualitas pengembangan sumber daya manusia.

“Pendidikan adalah modal utama dalam meningkatkan derajat seseorang atau sebuah negara. Apabila pendidikan sudah berkualitas, tentu derajat juga demikian,” ungkap Syafii.

Ketua Umum Asosiasi YPI Pusat H Mirdas Eka Yora menuturkan, hadirnya Asosiasi YPI agar lembaga pendidikan Islam mulai dari tingkatan dasar hingga perguruan tinggi saling bergandengan tangan.

“Lembaga pendidikan Islam harus tumbuh dengan SDM yang berkualitas sesuai dengan perkembangan global. Maka dari itu, yayasan pendidikan Islam perlu bekerja sama dengan lembaga pendidikan Islam di luar negeri,” ujar Mirdas.

Selain pendidikan, lanjutnya, melalui organisasi ini bisa mengembangkan sumber-sumber ekonomi syariah untuk pembangunan di tanah air. Dengan begitu, melahirkan sumber pendanaan syariah yang produktif.

“Kita ingin membangun peran dalam pembangunan daerah, nasional maupun internasional. Harapannya, ke depan 5 sampai 10 tahun kita bisa sejajar dengan negara-negara di dunia,” imbuhnya.

Sementara, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan, keberadaan Asosiasi YPI Sumut diharapkan menyumbang pemikiran dalam pembangunan di Sumut terutama pada sektor pendidikan.

“Asosiasi YPI Sumut diharapkan menyumbang pemikiran pada kurikulum pendidikan dengan tujuan pembangunan SDM. Hal ini juga bertujuan melahirkan ulama-ulama yang berkualitas demi kemajuan negara Indonesia,” tandasnya.

Dalam pelantikan tersebut, turut dirangkai silaturahmi ustad dan ustazah serta pelantikan pengurus Asosiasi YPI Kota Medan. (*)

Reporter: Rayyan Tarigan
Editor: Iqbal Hrp

Konten Terkait

Horeee! Gaji Guru Honorer di Sumut Naik Jadi Rp 90.000 per Jam

Val Vasco Venedict

2021 UN Resmi Dihapus, Dianggap Banyak Masalah

valdesz

Akhyar Ajak 2.509 Alumni USU Aplikasikan Ilmu untuk Pembangunan

admin@prosumut