Prosumut
Politik

KPU Medan: Batas Penyerahan Syarat Dukungan Calon Perseorangan 23 Februari 2020

Agussyah

PROSUMUT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan mengingatkan calon perseorangan atau independen yang akan maju dalam Pilkada Medan 2020 untuk segera menyerahkan syarat dukungan. Sebab, batas akhir penyerahan syarat tersebut tinggal beberapa hari lagi yakni 23 Februari.

Ketua KPU Kota Medan Agussyah R Damanik mengatakan, pihaknya akan mensosialisasikan tahapan dan jadwal penyerahan syarat dukungan ke bakal pasangan calon perseorangan yang selama ini sudah memberikan mandat operator.

Begitu juga yang sudah pernah berkonsultasi serta yang telah mendeklarasikan diri untuk maju sebagai calon independen. Sosialisasi akan dilakukan di Kantor KPU Kota Medan, Jumat 14 Februari 2020.

BACA JUGA:  KPU Labuhanbatu Tetapkan Paslon dan Nomor Urut Pilkada 2020

“Dari yang ditabulasi oleh KPU Medan, ada lebih 8 bakal calon yang akan diundang Jumat besok. Sudah termasuk dua yang telah serahkan mandat, ada juga yang sebelumnya sudah konsultasi dan beberapa bakal calon yang kita dengar sudah deklarasi,” kata Agussyah baru-baru ini.

Komisioner KPU Kota Medan M Rinaldi Khair menuturkan, ada beberapa ketentuan yang sudah ditetapkan sesuai dengan Peraturan KPU No 18/2019 dan Pedoman Teknis KPU No 82/2020. Satu diantaranya, penyerahan syarat dukungan yang dimulai 19 Februari, akan berakhir pada 23 Februari 2020 tepat pukul 24.00 WIB.

“Khusus hari terakhir yakni Minggu, 23 Februari ditutup pukul 24.00 WIB,” ucapnya.

BACA JUGA:  Bawaslu: Perempuan Bisa Menjadi Ujung Tombak Pengawas

Kata Rinaldi, batas akhir penyerahan syarat dukungan tersebut bukan hanya dilihat dari kehadiran fisik bakal pasangan calon perseorangan dan tim pemenangan. Melainkan, juga batas akhir untuk berkas atau dokumen yang akan diserahkan.

“Diharapkan tidak ada lagi dokumen dukungan yang menyusul setelah pukul 24.00 WIB,” cetusnya.

Rinaldi menambahkan, KPU Kota Medan juga mengimbau agar bakal calon perseorangan memberikan pemberitahuan sehari sebelum kedatangannya.

Hal itu agar ada persiapan dalam memberikan pelayanan maksimal untuk pemeriksaan dan pengecekan berkas dukungan.

Sementara, lanjutnya, bagi bakal calon perseorangan yang saat mendaftar membawa massa pendukung atau konvoi iring-iringan, diminta agar terlebih dulu memberikan pemberitahuan ke kepolisian.

BACA JUGA:  Partai Pengusung Beriman-Trendi Gelar Silaturahmi Bersama Relawan

“Prinsipnya, kita ingin memberikan layanan dan kenyamanan yang maksimal dalam proses penyerahan dukungan calon perseorangan nanti. Serta menghindari atau mengantisipasi potensi masalah,” tukasnya.

Sebelumnya, KPU Medan menggelar rapat koordinasi (rakor) untuk mematangkan persiapan penyerahan syarat dukungan calon perseorangan yang akan dilaksanakan 19-23 Februari 2020 di Medan Club, Jalan RA Kartini, Medan, Rabu kemarin 12 Februari 2020.

Rakor tersebut merupakan bagian dari upaya untuk mensosialisasikan setiap tahapan dan jadwal ke seluruh elemen.

“KPU Medan akan selalu menggelar rakor bersama stakeholder dalam setiap tahapan Pilkada Kota Medan 2020,” ujar Agussyah. (*)

Konten Terkait

Diminta Laporkan ke Bawaslu, Ketua DPRD Medan Ngaku Masih Kumpulkan Bukti dan Saksi

Ridwan Syamsuri

Manuver Mengejutkan 3 Tokoh Politik

Val Vasco Venedict

Perketat Penjagaan, Polri Sebut Ada Kemungkinan KPU Diserang Teroris

admin@prosumut