Prosumut
Pemerintahan

Musrenbangdes Batubara, Menghimpun Aspirasi dan Harapan

PROSUMUT – Bupati Batubara  H Zahir mengatakan bahwa penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) seusai dengan amanat Undang-undang.

Hal tersebut disampaikan Bupati, diwakili Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Batubara Ilyas Sitorus dalam sambutannya pada pembukaan Musrenbang Desa (Musrenbangdes), Kamis 30 Januari 2020, di Desa Sei Raja, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

Menurutnya pelaksanaan Musrenbangdes dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) bertujuan untuk menghimpun aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan melalui pembahasan dengan pendekatan teknokratis, partisipatif.

Konsep perencanaannya dari bawah ke atas, menggunakan pendekatan menyeluruh, tematik, integratif dan spasial. Kemudian dirumuskan sebagai masukan dan saran terhadap RKPD Kabupaten Batubara tahun 2021.

“Musrenbang desa merupakan sarana/proses bermusyawarah di dalam masyarakat yang ada di desa ini, untuk menentukan arah pembangunan, menggali informasi, menyatukan persepsi agar tersusun rencana yang tepat guna dan tepat sasaran serta berkelanjutan, yang diharapkan oleh setiap pemangku kepentingan untuk mencapai tujuan kesejahteraan masyarakat”, kata Ilyas yang akrab disapa Ncekli.

Ditambahkannya, musrenbang desa adalah perencanaan program yang dilaksanakan lembaga publik, yakni pemerintah desa bekerjasama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya.

“Musrenbang yang bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan cara ‘memotret’ potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia, baik dari dalam maupun luar desa”, ujarnya.

Dalam kesempatan itu Bupati menyampaikan lima program Presiden Joko Widodo tentang fokus pembangunan nasional 2020 – 2024.

Yaitu pembangunan sumber daya manusia, melanjutkan pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, reformasi birokrasi, dan transformasi ekonomi.

Adapun arah kebijakan pembangunan Batubara di 2021 lanjutnya, difokuskan untuk melanjutkan kesinambungan upaya-upaya pembangunan yang telah dilaksanakan pada periode sebelumnya, dan berfokus pada pengembangan industri.

Diantaranya seperti pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pariwisata, industri kilang minyak dan petrokimia, dan lain-lain, yang akan meningkatkan penghasilan masyarakat dan membuka peluang kerja.

Kemudian pemenuhan akses kualitas pendidikan, kesehatan, perlindungan sosial, infrastruktur perekonomian, dan sarana prasarana sosial, serta pemantapan industri kreatif masyarakat.

“Bupati berharap kepala desa, ketua dan anggota BPD, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh wanita, dan pemuka agama dapat berperan aktif dalam musrenbang desa tersebut,” papar Ilyas.

Dengan demikian katanya, akan diperoleh prioritas pembangunan di desa Sei Raja Kecamatan Medang Deras ini. Yang hasil akhirnya dapat dirasakan langsung oleh seluruh masyarakat desa.

“Seperti jalan penghubung antar desa/kelurahan dan jalan penghubung desa ke kecamatan, akses sarana dan prasarana pendidikan, akses sarana dan prasarana kesehatan, kebudayaan, pertanian, peternakan, perikanan, pariwisata, UMKM, dan lain-lain,” pungkas Ilyas.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kadis PMD Radiansyah, Kadis Ketahanan Pangan (Ketapang) Azhar, Kadis Pertanian Ridwan, Kabid PUPR Lendi, Kepala Bappeda, Camat Medang Deras Syahrizal, Koramil Medang Deras Zebua, Polsek Medang Deras, Kades Sei Raja Wahid Barus, BPD, LPM, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan TP PKK tingkat kecamatan dan desa. (*)

Konten Terkait

Polres Asahan Gelar Perayaan HUT Bhayangkara

admin2@prosumut

Bupati Sergai Terima Anugerah Kebudayaan dari PWI

admin@prosumut

Pendataan Penerima Bansos Covid-19 di Langkat Sesuai Mekanisme

admin2@prosumut