Prosumut
Kuliner

Kopi Lovers Sungguhan? Suguhan Kopi Ini Unik & Tak Terlupakan

PROSUMUT – Kopi yang dihasilkan oleh setiap negara di dunia berbeda-beda.

Begitu pula dengan minuman dari kopi, masing-masing memiliki keunikan tersendiri.

Kopi merupakan minuman yang banyak disukai oleh masyarakat dari berbagai negara di dunia.

Kopi biasa diminum saat sedang santai atau sedang bekerja karena kopi dipercaya dapat menghilangkan rasa kantuk.

Ada banyak jenis kopi yang dihasilkan oleh masyarakat di dunia.

Bahkan di Indonesia saja jenis kopi ada berbagai jenis kopi yang dihasilkan.

Karena begitu banyak masyarakat di dunia yang menyukai kopi, ada banyak tradisi atau cara minum kopi dari beberapa negara.

Setiap kopi yang diminum pun berbeda-beda karena setiap negara menghasilkan kopi yang berbeda pula.

Berikut ini merupakan sajian kopi yang unik dari beberapa negara.

1. Kopi Telur Vietnam
Di Vietnam, kopi sajian kopi telur dikenal dengan nama Cha Pe Trung. Jika berkunjung ke Vietnam, kopi ini bisa ditemui di Saigon. Jika dilihat sekilas, kopi ini terlihat seperti cappuccino.

Yang membedakannya adalah foam milk yang dibuat menggunakan tambahan telur sehingga bewarna kekuningan. Foam milk kopi telur Vietnam terbuat dari 2 butir kuning telur yang dicampur dengan setengah sendok teh susu kental, ekstrak vanila dan madu kemudian dikocok hingga mengembang. Setelah foam milk mengembang maka dicampur dengan kopi Vietnam yang hitam dan pekat.

2. Turkish Coffee Turki
Masyarakat Turki sangat menyukai kopi, bahkan mereka memiliki slogan “Coffee should be black as hell, strong as death, and sweet as love”.

Bubuk kopi digiling sampai halus kemudian diseduh di dalam panci khas Turki yang biasa disebut dengan cezve. Hal yang unik dalam merebus kopi ini yaitu kopi Turki direbus dan dimaniskan berkali-kali.

3. Kaisermelange Austria
Kaisermelange oleh masyarakat Austria berarti campuran ala kaisar. Campuran di dalam kopi ini sangat unik bahkan bisa dikatakan mirip dengan bahan-bahan yang digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk membuat jamu.

Kopi Kaisermelange terbuat dari kopi dark roasted, kuning telur dan gula. Beberapa orang di Austria juga biasa menambahkan susu supaya lebih manis.

4. Espresso Romano Italia
Italia merupakan negara yang memiliki kuliner yang lezat. Selain pizza, masyarakat memiliki minuman yang lezat yaitu espresso romano. Kopi ini memiliki rasa yang unik karena memakai lemon dalam membuatnya.

Lemon diiris lalu diperas untuk diambil airnya. Tujuan menggunakan lemon adalah supaya rasa manis espresso bisa lebih dimaksimalkan karena citrus yang dihasilkan lemon tersebut.

5. Café Au Lait Perancis
Cafe au lait jika dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan kopi susu. Kopi ini sekilas mirip dengan caffé latte. Yang membedakan kopi ini yaitu bahan untuk membuatnya.

Cafe au lait menggunakan kopi hitam sedangkan caffé latte menggunakan kopi espresso. Cafe au lait dibuat dari kopi hitam dan susu panas. Perbandingan untuk membuat kopi ini yaitu 1:1. (*)

Konten Terkait

Mmm… Segar Memang, Tapi Minum Ini Tak Cocok Saat Berbuka

valdesz

Anda Vegan atau Vegetarian? Ini Ternyata Bedanya

valdesz

Sederhana, 5 Aktivitas Ini Tingkatkan Kesehatan Mental Anda

valdesz