Prosumut

Bupati Batu Bara Uji Coba Becak Sampah Keliling

Pemerintahan Sosial Budaya

PROSUMUT – Bupati Batu Bara H Zahir melakukan uji coba becak bermotor pengangkut sampah yang di luncurkan sebanyak 141 unit untuk kebersihan di pedesaan dari limbah yang di produksi rumah tangga.

Uji coba becak bermotor sampah ini di ikuti Kabag Ops Polres Batu Bara Kompol Rudi dan para kepala desa yang baru di lantik serentak hasil pilkades di Batu Bara pada 17 November yang lalu.

Saat uji coba tersebut, Bupati menjelaskan bahwa Kabupaten Batu Bara sebagai daerah Proyek Strategis Nasional sesuai Peraturan Presiden 81 tahun 2018 dan Kawasan Strategis Provinsi Sumatera Utara sesuai Perda No. 2 Tahun 2017 diharapkan bisa bersih dan terjaga kebersihannya.

Tidak hanya itu, sampah-sampah nantinya akan di pilah oleh petugas karena sampah jenis plastik misalnya, akan di jual kepada pengelola batako di Desa Sumber Padi dan lainnya akan di produksi menjadi pupuk kompos.

Zahir berharap para Camat dan Kepala Desa se Batu Bara melakukan pengawasan kepada pemegang becak bermotor sampah sehingga dapat terawat dengan baik.

Sementara itu Andi Lestari, SKG Anggota DPRD dari Fraksi PBB yang hadir di acara pelantikan Kepala Desa serentak dan uji coba beca sampah oleh H Zahir menjelaskan bahwa Pemkab Batu Bara membuka sejarah baru selama kabupaten ini berdiri.

Sejarah baru itu dalam rangka membersihkan Kabupaten Batu bara dari Sampah yang di timbulkan rumah tangga. Sehingga setiap pedesaan atau perkotaan terhindar dari sampah yang berserakan.

“Yang menarik khusus Sampah plastik akan di jual ke masyarakat. Jadi masyarakat  juga diajak partisipasi mengelolanya,” katanya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Batubara, Oky Iqbal Prima, Wakapolres Herwansyah Putra, Ketua DPRD Kab Batubara Safi’i, Korem 0208, Sekretaris Daerah Sakti Alam Siregar,  Kakan Kemenag Sofian, Kadis PMD Radiansyah, Kadis Sosial Ishak, Inspektorat Daerah Ataruddin, Plt. Kadisdik Ilyas Sitorus, dan OPD lainnya serta camat se Kabupaten Batubara. (*)

Reporter: Husnul Zen
Editor: Iqbal Hrp

Konten Terkait

Pemko Medan Diminta Awasi Harga Bahan Pokok Selama Puasa

Ridwan Syamsuri

Opsi Referendum Aceh Tak Relevan, Begini Kata Menko Polhukam

Val Vasco Venedict

20 Terpidana Mati Menunggu Dieksekusi

Ridwan Syamsuri