Prosumut

Tips Buat Telur Asin Oleh Pengusaha Rumahan

Kuliner

PROSUMUT – Telur asin merupakan makanan tradisional yang digemari masyarakat Indonesia. Berbahan baku telur bebek, seringkali dikonsumsi sebagai teman makan nasi maupun bubur.

Namun, tak semua dapat membuat telur asin dengan cita rasa yang enak dan pas. Meski demikian, anda tak perlu khawatir. Ini sejumlah tips cara membuat telur asin yang enak dengan bahan sederhana dan murah dari usaha rumahan asal Kota Binjai.

Wardika Ariyandi, salah seorang pengusaha menjelaskan, ada dua teknikn Yakni, dengan cara merendam telur bebek dalam air garam, atau membalutnya menggunakan adonan dari campuran abu sekam, garam, dan air.

Telur asin yang dibuat dengan balutan adonan abu sekam, air, dan garam, jauh lebih nikmat disantap. Sebab, cenderung memilki rasa yang lebih gurih dan tekstur padat.

“Langkah awal, kita perlu menyiapkan bahan baku utama berupa 10 butir telur bebek segar. Pastikan seluruh bagian telur dalam kondisi steril dan bebas dari kontaminasi zat kimia berbahaya, tidak ada cacat atau rusak, serta tidak berbau busuk,” katanya, Jum’at 6 Desember 2019.

Cuci telur bebek dengan air bersih. Lalu digosok menggunakan sabut kelapa ataupun serabut sintetik agar seluruh permukaan kulit telur steril dari noda dan kotoran. Setelah itu, tempatkan telur bebek di dalam wadah dan diamkan selama 15 menit.

Selain menjamin telur steril dari kotoran dan bakteri, proses pencucian ini sendiri bertujuan untuk membuka pori-pori kulit telur bebek. Sehingga partikel garam dapat masuk dan menyerap dengan sempurna ke dalam telur.

“Langkah lanjutnya, kita dapat membuat adonan pembalut telur. Caranya, campur 50 gram abu sekam padi kering dengan 50 gram garam dapur, tiga siung bawang putih giling, dan 100 mililiter air, lalu aduk seluruh bahan tadi hingga mengental. Pastikan bahan baku abu sekam padi dalam kondisi steril dari jamur dan cendawan, kutu, parasit cacing, serta kotoran lainnya. Hal ini bertujuan untuk mencegah telur membusuk ataupun terkontaminasi oleh virus dan bakteri berbahaya,” bebernya.

Perhatikan pula tekstur adonan pembalut telur yang kita buat. Upayakan adonan tidak terlalu cair dan juga tidak terlalu padat. Sehingga saat ditempelkan ke permukaan telur, adonan dapat melekat sempurna, serta tidak mudah hancur dan terburai.

Sebagai bahan tambahan, siapkan lagi 100 gram abu sekam padi kering. Nantinya bahan ini akan dipergunakan untuk membaluri bagian terluar telur bebek yang akan diasinkan.

“Setelah dua tahap ini selesai dikerjakan, kita dapat memulai proses pembalutan seluruh permukaan kulit telur bebek menggunakan adonan basah yang telah disiapkan tadi, dengan ketebalan antara 1 hingga 2 milimeter. Upayakan adonan pembalut menempel sempurna pada seluruh permukaan telur bebek, demi mencegah bakteri berbahaya masuk ke pori-pori telur, yang dikhawatirkan akan membuat telur asin yang kita buat menjadi busuk,” tambahnya.

Usai balutan dari adonan basah menempel sempurna pada permukaan kulit telur bebek, selanjutnya baluri lagi seluruh permukaannya dengan abu sekam padi kering hingga merata. Padatkan permukaan telur dengan genggama tangan.

Lakukan seluruh proses ini terhadap seluruh bahan baku telur yang telah disiapkan sebelumnya. Jika seluruh proses pembaluran telah selesai dilakukan, lantas simpan telur di tempat yang kering pada suhu kamar.

“Peram selama 7 hingga 12 hari, untuk kemudian siap dimasak dan dikonsumsi,” tutupnya.

Perlu pula diketahui, pengeraman ini akan membantu mempercepat proses penyerapan partikel garam terhadap bagian putih dan kuning telur. Sehingga semakin lama telur diperam, maka akan semakin asin pula rasanya.(*)

Reporter: Muhammad Akbar
Editor: Iqbal Hrp

Konten Terkait

Bikin Tamagoyaki Yuk, Gampang dan Praktis

admin@prosumut

Cara Bikin Ketupat Lebaran, Dijamin Anti Gagal

admin@prosumut

Warnai Kuliner Medan, Malaysian Street Food Lok-Lok Hadir di Sakti Lubis

admin2@prosumut