Prosumut

Serahkan Pataka SB4, Zahir Bicara Keragaman di Batu Bara

Sosial Budaya

PROSUMUT – Bupati Batu Bara H Zahir menyerahkan pataka kepada Jhon Franki Hasibuan selaku Ketua Suku Batak Bersatu Batu Bara (SB4) usai dilantik secara resmi oleh Kapolres Batu Bara AKBP Robin Simatupang.

Kehadiran Bupati dan kaporles Batu Bara disambut secara adat dengan pemakaian kalung bunga dan Tortor di lapangan sepak bola Air putih Indrapura, Sabtu, 29 November 2019.

Kehadiran suku Batak di Batu Bara kata Zahir, merupakan pengejawantahan dari sila ketiga Pancasila yaitu Persatuan Indonesia.

Sehingga hal tersebut juga membuktikan bahwa Pemerintah Daerah menaruh perhatian terhadap keberagaman suku, baik suku Batak, Melayu, Jawa, Minang serta Aceh yang hidup secara kompak di Batu Bara.

Sementara Kapolres Batu Bara AKBP Robin Simatupang, dalam sambutannya di hadapan seribuan massa menjelaskan bahwa salah satu suku yang punya aksara adalah Batak.

“Maka suku Batak di Batu Bara perlu melestarikan aksara ini sehingga generasi muda selanjutnya dapat mengenal dan ikut melestarikan,” kata Robin.

Robin menjelaskan bahwa orang batak adalah perantau dan juga pembuka wilayah.

Karenanya suku batak di Batu Bara kerap menjadi garda terdepan untuk ikut membangun daerah, sekaligus dapat mengajak yang lainnya walau berbeda Agama untun mengembangkan SB4.

Ketua SB4 Jhon Franki Hasibuan pun menyebutkan bahwa jabatan ini cukup berat. Namun dirinya yakin bahwa dukungan seluruh pengurus akan mampu membawa masyarakat mencintai budaya. (*)

Reporter: Iqbal Hrp
Editor: Valdesz Junianto

Konten Terkait

HDCI Sumut dan The Clinic Sunat Massal 70 Anak Kurang Mampu

Ridwan Syamsuri

Guru Patimpus Sembiring Pelawi Cikal Bakal Kota Medan

Ridwan Syamsuri

Sister City Medan Jadi Liputan Khusus Majalah Ternama Korea

Ridwan Syamsuri