Prosumut

Puncak Pekan Nasional Keselamatan Jalan di Binjai Diisi Ragam Acara

Rilis & Seremoni

PROSUMUT – Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, melalui Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah II Provinsi Sumatera Utara, menggelar kegiatan puncak Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2019 di Lapangan Merdeka Binjai, Minggu 24 November 2019.

Ribuan masyarakat, baik yang berasal dari Kota Binjai maupun luar Binjai, serta berbagai komunitas, sepeda, kendaraan roda dua dan empat, memadati Lapangan Merdeka guna mengikuti berbagai rangkaian kegiatan, antara lain, fun goes, lomba mewarnai, zumba, safety riding, lomba video, kopdar, dan talk show.

Talk show dipandu oleh komika Babe Cabita, dengan narasumber, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Cucu Muliana, Sekretaris Daerah Kota Binjai, M Mahfullah P Daulay, Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Polda Sumut, AKBP Muksin, dan Kepala Cabang PT Jasa Raharja Sumut, Ifriyantono.

Mengawali talk show Pekan Nasional Keselamatan Jalan tahun 2019 dengan tema ‘Sayangi Nyawa, Suarakan Keselamatan Jalan’, Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Polda Sumut, AKBP Muksin, menyampaikan angka kecelakaan di Sumut.

Bahwa rata-rata perhari kecelakaan lalu lintas di Sumut memakan korban meninggal dunia antara 4-6 orang berusia 16 sampai 21 tahun, dan didominasi oleh pelajar yang tentunya berusia produktif.

Tentunya peran orang tua sangat dibutuhkan guna memberikan pemahaman kepada anaknya bahaya membawa kendaraan di jalan raya.

Selain itu pihak kepolisian terus melakukan sosialisasi ke setiap sekolah-sekolah mulai dari tingkat TK sampai perguruan tinggi dalam rangka menyuarakan keselamatan berlalu lintas.

Menambahkan, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Cucu Muliana, mengungkap bahwa kecelakaan lalu lintas di kebanyakan kasus tidak terjadi sendiri, artinya kecelakaan tunggal jarang terjadi.

Berdasarkan data nasional 3 sampai 4 orang meninggal seIndonesia diakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Salah satu program Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dalam mengurangi tingkat kecelakaan berlalu lintas yakni sosialisasi Sadar Lalu Lintas Usia Dini (SALUD).

“Kita lakukan kampanye keselamatan berlalu lintas dengan rutin mengunjungi sekolah mulai dari tingkat Taman Kanak-kanak (TK) sampai perguruan tinggi. Karena keselamatan merupakan tanggung jawab kita semua untuk itu para orang tua jangan berikan izin anaknya menggunakan kendaraan ketika pergi ke sekolah, pihak sekolah ataupun pemerintah hendaknya menyediakan bus sekolah. Tidak lain bertujuan mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas pada anak,” pinta Cucu.

Sekdako Binjai  M Mahfullah P Daulay, sangat berterima kasih karena telah memilih Kota Binjai sebagai tempat diadakannya kegiatan Pekan Nasional Keselamatan Jalan tahun 2019.

Pemerintah Kota Binjai banyak membuat kebijakan pengguna kendaraan, dimulai dari bimbingan orang tua, sampai kepada mewanti kepada guru di setiap sekolah untuk memantau siapa-siapa pelajar yang membawa kendaraan, agar mendapat teguran untuk tidak membawa kendaraan saat bersekolah, serta tidak menyediakan lahan parkir di sekolah.

Selain itu, Pemko juga melakukan pembinaan kepada klub motor yang ada di Binjai, menjadikan klub tersebut sebagai wadah bagi para pecinta otomotif untuk menyalurkan bakatnya, agar tidak ugal-ugalan di jalan raya. Mengatur lalu lintas di saat jam-jam produktif,  dengan menempatkan petugas kepolisian dan Dinas Perhubungan.

Usai kegiatan talk show masyarakat kembali dihibur oleh artis ibukota The Titans, penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba, dan lucky draw untuk peserta fun goes, serta penyerahan bantuan kepada penyandang disabilitas. (*)

Reporter: Muhammad Akbar
Editor: Iqbal Hrp

Konten Terkait

DWP Langkat Baksos di SDN Pulau Kampai

[email protected]

214 Mahasiswa FKM USU Praktik Lapangan di Langkat

[email protected]

Pemkab Langkat Terbaik II Penyaluran Kredit Ultra Mikro Terbanyak

[email protected]