Prosumut

Ini Kata Plt Kadisdik Batubara ke Guru SD Soal Belajar Aktif

Pendidikan

PROSUMUT – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Batu Bara Ilyas Sitorus membuka kegiatan Pelatihan Praktik Baik Pembelajaran Modul II Kelas Rendah bersama Tanoto Foundation di SDN Sei Suka Deras, Selasa 19 November 2019.

Dalam sambutannya, Ilyas menyebutkan bahwa tujuan penting pembelajaran diantaranya adalah untuk mengembangkan potensi siswa. Untuk itu, kreativitas merupakan hal penting dalam hidup khususnya masa depan generasi penerus.

“Pendekatan pembelajaran yang dapat mengembangkan potensi tersebut antara lain belajar aktif. Karena telah lama dikenal para guru, paling tidak sejak 40 tahun lalu. Namun kualitasnya yang perlu ditingkatkan,” sebut Ilyas.

Menurut Ilyas, guru harus bisa memahami itu dalam upaya pengembangan potensi siswa.

Sebagaimana diskusinya bersama pihak Tanoto Foundation beberapa waktu lalu yang juga mengembangkan pendekatan melalui belajar aktif, pertanyaan produktif, imajinatif dan terbuka serta pengelolaan kelas.

Keseluruhan kegiatan pelatihan tersebut lanjutnya, diimplementasikan dalam pelajaran IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia dan pengajaran kelas awal.

Ditujukan untuk sekolah dan madrasah yang kemudian disusul pendampingan dengan pendekatan lesson study.

Sementara perwakilan Tanoto Foundation Bobby Widanto selaku Ditrict Coordinator Batu Bara mengatakan bahwa pelatihan yang dibuat telah menunjukkan hasil kegiatan dan pendampingan mealui show case di tingkat kabupaten.

“Materi-materi ini juga berfokus pada literasi kelas awal untuk menguatkan kemampuan siswa dalam hal membaca. Karena ini dasar bagi pelajar,” ujar Boby yang menyebutkan akan terus memberikan yang terbaik bagi peningkatan kemampuan anak didik di usia sekolah dasar. (*)

Reporter: Iqbal Hrp
Editor: Ridwan Syamsuri

Konten Terkait

Kunjungi SMAN 2 Balige, Gubsu Singgung Bau Pesing Kamar Mandi

Val Vasco Venedict

Atasi Banjir di Medan, Pemko Harus Manfaatkan MUDP dan Kanal

Ridwan Syamsuri

Ada Keringanan, Begini Sistem UN di Daerah Bencana

[email protected]