Prosumut
Pendidikan

Saluran Air Liar Muncul di Atas Lahan SMPN 3 Tanjung Tiram

PROSUMUT – Saluran air liar mirip sungai kecil muncul di atas lahan milik SMPN 3 Tanjung Tiram. Hal ini terungkap saat kunjungan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Batu Bara Ilyas Sitorus ke Kecamatan Nibung Hangus, Kamis, 31 Oktober 2019.

Kondisinya kata Ilyas, diduga aliran/saluran air yang muncul sengaja dialirkan di atas lahan milik sekolah dengan memotong tanah, sehingga sudah seperti sungai kecil.

“Jangan sekolah jadi korban hanya untuk kepentingan sesaat. Kami minta ke pihak pemerintah kecamatan agar dapat membantu memfasilitasi untuk menyelesaikan permasalahan ini,” ujar Ilyas.

Sebagai langkah awal, Ilyas meminta pihak sekolah menutup segera menggunakan goni berisi pasir atau bahan lain agar laju air bisa terbendung. Untuk itu, dirinya juga akan memeriksa kembali pekan depan, apakah sudah dilakukan pembendungan.

Sementara Plt Kepala SMPN 3 Tanjung Tiram, Hafsah menduga pembuatan aliran air di atas lahan sekolah dikerjakan saat hari libur. Akibatnya, tanah di bagian samping itu seperti terpisah dan bukan milik pemerintah.

“Sekolah kita sangat dirugikan karena juga telah terjadi abrasi yang lama kelamaan bisa bertambah parah,” katanya didampingi guru sekolah M Alwatoni dan lainnya.

Menanggapi itu, perwakilan dari pemerintah Kecamatan Nibung Hangus, Yahya mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti saran tersebut. Berikut juga memanggil pihak yang diduga sengaja membuat saluran air dimaksud.

“Kami akan laporkan ke Pak Camat dan Ibu Kades untuk segera memanggil dan mencari solusi terbaik,” ujar Yahya bersama Sekdes Sentang, Fitri. (*)

Konten Terkait

Pemkab Asahan Gelar Rakornis Pendidikan 2020

admin2@prosumut

UISU dan Dompet Dhuafa Waspada Teken MoU

admin@prosumut

Akhyar Ajak 2.509 Alumni USU Aplikasikan Ilmu untuk Pembangunan

admin@prosumut