Prosumut

Aktifkan Dark Mode di Iphone, Ini Manfaatnya!

Tekno

PROSUMUT – Para pengguna smartphone saat ini, terutama yang menggunakan panel OLED atau AMOLED sering kali menggunakan wallpaper atau tema hitam di perangkat mereka.

Hal ini dikarenakan banyak orang yang percaya bahwa dengan menggunakan tema gelap, perangkat mereka akan lebih hemat daya.

Memang, panel OLED atau AMOLED akan menggunakan lebih sedikit daya pada saat menampilkan tampilan yang lebih redup. Bahkan mereka tidak akan menyalakan ‘lampu layar’ pada saat menampilkan warna hitam. Namun, seberapa besar sih pengaruh mode gelap di smartphone?

Seorang YouTuber bernama PhoneBuff penasaran dengan hal ini. Dia pun membandingkan dua smartphone iPhone XS Max, satu menggunakan mode gelap dan satu menggunakan mode normal.

Hasilnya pun mengejutkan. Dalam pengetesan yang dia lakukan, tingkat penghematan baterai bisa mencapai 30 persen. Tentu saja, hal ini merupakan kabar baik bagi mereka yang ingin perangkat mereka bertahan lebih lama saat digunakan sehari-hari.

Pengujian dilakukan menggunakan aplikasi yang mendukung mode gelap asli, serta aplikasi Google, yang tidak mendukung tema hitam murni, tetapi menggunakan abu-abu gelap.

Aplikasi tersebut dipilih dikarenakan merupakan aplikasi yang cukup banyak digunakan oleh pengguna.

Nah, bagi kalian yang ingin mengaktifkan mode ini, kalian harus pastikan bahwa perangkat tersebut sudah menjalankan iOS 13.

Setelah itu, kalian bisa masuk ke menu Setting dan masuk ke Display and Brightness. Di sini kalian dapat mengaktifkan mode tersebut.

Sayangnya, harus diperhatikan bahwa mode tersebut tidak akan mengubah penggunaan daya untuk perangkat iOS yang menggunakan panel IPS.

Hal yang sama juga akan terjadi di perangkat Android yang menggunakan panel IPS. (*)

Source: Tek.id / Foto : Net
Editor: Val Vasco Venedict

Konten Terkait

Selamatkan Media Lokal, Facebook Gelontorkan 300 Juta Dolar

Val Vasco Venedict

Jet Commerce Raih Marketeers Editor’s Choice Award 2018

Val Vasco Venedict

Ini Triknya Agar Kerja Tak Terganggu Smartphone

Val Vasco Venedict