Prosumut

Partisipasi Naik, KPU Binjai Terima Kasih ke Relawan dan Media

Politik

PROSUMUT – KPU Kota Binjai menggelar evaluasi kegiatan partisipasi masyarakat (parmas) pada Pemilu 2019 di salah satu aula rumah makan Jalan Jenderal Gatot Subroto Kelurahan Bandar Senembah Kecamatan Binjai Barat Kota Binjai Sumatera Utara, Selasa 8 Oktober 2019.

Kegiatan tersebut mengundang Relawan Demokrasi (Relasi) dan para awak media cetak serta elektronik.

Ketua KPU Binjai, Zulfan Effendi mengucapkan terima kasih kepada Relasi dan rekan-rekan media yang sudah membantu sosialisasi.

Hal itu, katanya, dibuktikan dengan meningkatnya partisipasi masyarakat untuk memilih jika dibanding pada Pemilu 2015 lalu.

Menurutnya, Pemilu 2015 tingkat Parmas dalam memilih sebesar 65 persen. Pada Pemilu 2019, tingkat partisipasi masyarakat dalam memilih menjadi 82,14 persen.

“Target awal kami, partisipasi masyarakat dalam memilih sebesar 77,5 persen. Pada Pilkada 2020 ini, estimasi pemilih kami targetnya meningkat 10 persen,” katanya.

Karena itu, lanjut Zulfan, KPUD Binjai mengajak relawan demokrasi dan rekan-rekan pers dapat memberikan ide, masukan, serta turut mengajak masyarakat memberikan hak suara.

“Dari seluruh pemilih, sebagian besar berusia produktif yakni antara 17 hingga 40 tahun, dengan estimasi pemilih berumur 17-20 tahun sebanyak 30 persen dan pemilih berumur 21 – 40  sebanyak 40 hinggg 50 persen,” ucapnya.

Robby Effendi selaku pemateri dalam kegiatan bersyukur karena KPU Binjai menjadi barometer bagi KPU lainnya di Sumut.

Terutama dalam hal sosialisasi dan upaya peningkatan partisipasi masyarakat di Pemilu 2019.

“Meskipun demikian tingkat partisipasi yang tinggi belum dapat menentukan keberhasilan proses demokrasi jika ada unsur mobilisasi massa,” katanya. (*)

Reporter: Muhammad Akbar
Editor: Iqbal Hrp

Konten Terkait

Dinsos Medan Diminta Libatkan Kepling Dalam PKH

Ridwan Syamsuri

SBY Order Menteri untuk AHY: Spekulasi Pengamat

Val Vasco Venedict

Hoaks Menurun, Alasan Pemerintah Tak jadi Batasi Akses Medsos

[email protected]