Prosumut

Mantan Ketum PSSI Pimpin DPD RI

Pemerintahan Politik

PROSUMUT – La Nyalla Mattalitti terpilih sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI 2019-2024.

Terpilihnya Mantan ketua umum PSSI itu diputuskan lewat sidang paripurna DPD di ruang Nusantara V, Senayan, Jakarta, pada Selasa 1 Oktober 2019.

Untuk Wakil Ketua satu diisi Nono Sampono, Wakil Ketua dua Mahyudin dan Wakil Ketua tiga diisi oleh Sultan Bachtiar.

“Maka diperoleh hasil berikut suara terbanyak pertama La Nyalla dengan suara 47 suara. Terbanyak kedua Nono dengan suara 40 suara. Suara ketiga saudara Mahyudin memperoleh suara 28. Ketiga Bachtiar suara 18 suara dan abstain 1 total 134 suara,” kata pimpinan sidang sementara Jialyka Maharani.

“Sidang DPD RI sesuai dengan ketentuan pasal 4 ayat 1 pimpinan terpilih ditetapkan jadi ketua DPD dan ketiga jadi wakil ketua,” sambungnya.

Proses pemilihan ketua dilakukan lewat pemungutan suara oleh 134 anggota DPD yang hadir.

Dua orang absen dari total 136 senator 2019-2024 yang terpilih.

Awalnya, keempat calon tersebut ditetapkan sebagai ketua subwilayah DPD. Mereka adalah Sultan Bachtiar Najamudin subwilayah Barat I, La Nyalla Mahmud Mattalitti subwilayah Barat II, Mahyudin subwilayah Timur I dan Nono Sampono subwilayah Timur II.

Masing-masing telah memperkenalkan diri dan menyampaikan visi misinya untuk membangun lembaga DPD. Keempatnya berharap bisa memimpin lembaga DPD.

Setelahnya, pimpinan rapat, Jialyka Maharani, memberikan kesempatan para anggota DPD berembuk dan memutuskan nama ketua DPD melalui musyawarah mufakat.

Namun, para pimpinan DPD memilih untuk melakukan voting.

“Rembukan terakhir supaya enggak ada pikiran yang aneh-aneh akhirnya ya sudah kita kembalikan ke sahabat semua (anggota yang hadir),” kata pimpinan wilayah Barat 1 Sultan Bachtiar. (*)

Source: Liputan6 / Foto: Berita Satu
Editor: Val Vasco Venedict

Konten Terkait

KPU Medan Pastikan Surat Suara Tiba di TPS Sehari Sebelum Pencoblosan

Ridwan Syamsuri

PPK Pemko Medan Harus Pahami Standar Penyusunan Keuangan

[email protected]

Gakkumdu Temukan Kasus Adu Domba di Sumut

Ridwan Syamsuri