Prosumut
Pemerintahan

126 ASN Pemko Medan Ujian Kenaikan Pangkat

PROSUMUT – Pemko Medan melalui Badan Kepegawaian Daerah & Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD&PSDM) Kota Medan menggelar Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat di lingkungan Pemko Medan Tahun Anggaran 2019 di Gedung Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik & Tenaga Kependidikan (P4TK), Jalan Setia Budi Medan, Kecamatan Medan Helvetia, Jumat 20 September 2019.

Tujuannya untuk menguji kemampuan dan kompetensi serta menjadi salah satu syarat bagi para aparatur sipil negara (ASN) untuk memperoleh jenjang pangkat yang lebih tinggi.

Ujian yang diikuti sebanyak 126 peserta dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) tersebut dibuka Kepala BKD&PSDM Kota Medan Muslim Harahap.

BACA JUGA:  Ditjen Bea Cukai dan LPEI Siap Bantu UMKM ke Pasar Ekspor

Nantinya, para peserta akan menerima materi dasar dan mekanisme umum pelaksanaan ujian oleh narasumber yang dihadirkan yakni dari Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional VI Medan.

Menurut Muslim Harahap mengatakan ujian kenaikan pangkat merupakan bentuk perhatian Pemko Medan sekaligus memberi kesempatan bagi ASN agar dapat mengembangkan potensi dan kapasitasnya untuk naik pangkat melalui ujian.

Dengan harapan, dapat diperoleh dan terbentuk ASN yang mumpuni dan kompeten sehingga memberi dampak signifikan dalam tatanan birokrasi pemerintahan.

“Ujian ini menjadi wujud kepedulian Pemko Medan untuk memberi kesempatan bagi ASN agar dapat menaiki dan memperoleh kenaikan pangkat yang sesuai dengan pendidikan dan kompetensinya. Oleh karenanya, kami berharap para peserta dapat mengikuti ujian dengan sungguh-sungguh sehingga dapat menjawab sejumlah pertanyaan dengan teliti dan benar,” katanya.

BACA JUGA:  Ditjen Bea Cukai dan LPEI Siap Bantu UMKM ke Pasar Ekspor

Selain untuk kenaikan pangkat, kata Muslim, ujian tersebut juga untuk membentuk karakter ASN yang kapabel dan berintegritas serta memiliki loyalitas tinggi dalam bekerja sehingga mampu memberi sumbangsih untuk mendukung percepatan pembangunan kota yang nantinya bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

“ASN merupakan seorang abdi negara dan abdi masyarakat yang bertugas sebagai pelayan bagi masyarakat. Untuk itu, jika nantinya seluruh peserta lulus dalam ujian dan berhasil memenuhi kualifikasi, hendaknya dapat berbuat, bertindak dan berlaku sesuai tingkatan pendidikan dan pangkat yang diemban. Jadilah contoh dan mitra yang baik sehingga tupoksi dapat berjalan dengan maksimal,” pesannya.

BACA JUGA:  Ditjen Bea Cukai dan LPEI Siap Bantu UMKM ke Pasar Ekspor

Ia mengingatkan, agar nantinya amanah baru yang diemban dapat dijalankan sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku.

“Selamat mengikuti ujian, semoga saudara semua mendapat hasil yang memuaskan,” bilangnya.

Sebelumnya, Kabid Pengembangan SDM Saleh Adrian menjelaskan, tujuan ujian ini secara umum untuk memberi kesempatan ASN dalam kenaikan pangkat di instansi masing-masing.

“Ujian ini berlangsung selama satu hari dan diikuti sebanyak 126 peserta dari golongan II D dan III D,” imbuhnya. (*)

Konten Terkait

Pimpinan OPD dan Pemerintah Desa Diminta Ciptakan Sinergitas

Editor prosumut.com

Pemkab Batubara Segera Jemput TKI di Malaysia

Editor Prosumut.com

Lebih 50 Persen Keluhan Masyarakat Medan Soal Infrastruktur

Editor prosumut.com