Prosumut

Kapolda Sumut Lantik 5 Kapolres Baru

Hukum

PROSUMUT – Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto memimpin pelaksanaan serah terima jabatan (sertijab) 5 Kapolres sejajaran Polda Sumut, di Aula Tribarata Mapoldasu, Kamis 19 September 2019.

Adapun kelimanya yaitu AKBP Agus Darojat sebagai Kapolres Labuhan, AKBP Muhammad Saleh sebagai Kapolres Samosir, AKBP Heribertus Ompusunggu sebagai Kapolres Simalungun, AKBP Putu Yudha Prawira sebagai Kapolres Tanjung Balai dan AKBP Budi Pardamean Saragih sebagai Kapolres Pematang Siantar.

Disebutkan bahwa AKBP Agus Darojat sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Samosir, AKBP Muhammad Saleh sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit Gasum Ditsamapta Polda Sumut, AKBP Heribertus Ompusunggu sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Pematang Siantar.

Sementara AKBP Putu Yudha Prawira sebelumnya menjabat sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Medan dan AKBP Budi Pardamean Saragih sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Jembrana Polda Bali.

“Serah terima jabatan di lingkungan Polri merupakan salah satu proses dari pembinaan SDM melalui regenerasi struktural, untuk mengisi jabatan strategis. Hal ini guna kepentingan organisasi,” kata Agus dalam amanatnya.

Ia menegaskan, tanggung jawab atas suatu jabatan adalah amanat sekaligus kepercayaan. Sebab, di dalamnya terkandung konsekuensi. “Artinya saat ini dilantik, maka kita harus siap besok hari diganti,” ucapnya.

Ditegaskan Agus, terhadap 5 jabatan Kapolres yang baru diingatkan supaya mampu menampilkan operasional kepolisian yang baik dalam mengantisipasi kerawanan kamtibmas sesuai dengan karakter wilayah masing-masing.

Selain itu, agar mampu menjalin kemitraan yang sinergis dalam membina kamtibmas bersama potensi masyarakat.

“Saya berharap saudara dapat segera menyesuaikan diri dengan organisasi satuan tugas dan lingkungan tugas yang baru. Jalin kerjasama yang sinergis dengan para pejabat utama dan kasatwil sejajaran Polda Sumut, sehingga tercipta soliditas dalam rangka kesuksesan pelaksanaan tugas dan dapat mengimplementasikan commander wish kebijakan dan strategi Kapolda Sumatera Utara,” tegasnya.

Agus menjelaskan, commander wish kebijakan dan strategi Kapolda Sumatera Utara memiliki arah dan motivasi dalam pelaksanaan tugas.

Hal ini guna menekan angka kriminalitas yang menjadi perhatian masyarakat, seperti curat, curas dan curanmor serta kasus peredaran narkoba dan kasus-kasus lainnya.

Lebih lanjut Agus mengatakan, Dalam kesempatan itu juga disampaikan bahwa berdasarkan surat telegram Kapolri ST/2318 /IX/KEP/2019 tanggal 2 September 2019 disebutkan Kombes Pol Wahyu Marsudi yang merupakan Kalabfor Cabang Medan Puslabfor Bareskrim Polri kini telah dikukuhkan sebagai Kabidlabfor Polda Sumut.

Untuk itu, tambah dia, saat ini berarti ada penambahan satker baru di lingkungan Polda Sumut.

“Kepada seluruh warga Polda Sumut mohon doa dan dukungan. Agar para pejabat baru tersebut dapat menunaikan tugasnya untuk meningkatkan kinerja institusi Polda Sumut ke depan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Rayyan Tarigan
Editor: Iqbal Hrp

Konten Terkait

Youtube Dituduh Langgar Privasi Anak, Google Didenda Rp 2,4 T

admin@prosumut

Kejari Sergai Musnahkan Sejumlah Barang Bukti

admin@prosumut

Warga Hamparan Perak Banderol Lutung Budeng Rp300 Ribu

Ridwan Syamsuri